Jumat, 25 April 2014 | 07:37 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Melongok Kemewahan Toyota NAV1
Headline
inilah.com/Ikhsan S. Nathabradja
Oleh: Ikhsan S. Nathabradja
Teknologi - Rabu, 12 Desember 2012 | 07:07 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Toyota NAV1 yang baru saja diluncurkan di Jakarta kemarin siang, hadir mengisi segmen multi-purpose vehicle (MPV) premium di Indonesia.

Menempati posisi di antara Kijang Innova V Luxury dan Alphard, mobil teranyar besutan Toyota Astra Motor (TAM) ini akan langsung berhadapan dengan Nissan Serena dan Mazda Biante sebagai pesaing kuatnya.

Mobil yang di pasar global bernama Toyota Noah ini dilengkapi berbagai fitur yang membuatnya masuk ke pangsa pasar MPV kelas menengah ke atas. Apa saja keistimewaan dari Toyota NAV1? Mari kita simak bersama.

Mesin

Toyota NAV1 menggunakan mesin jenis 3ZR-FAE 4-silinder berkapasitas 1.987cc yang mengadopsi kecanggihan teknologi Valvematic. Teknologi ini lebih advance dari teknologi Dual VVT-i yang hanya mengatur durasi buka-tutup katup masuk dan buang.

Valvematic tidak hanya mengatur durasi buka-tutup katup masuk dan buang, tapi juga mengatur waktu dan ukuran buka katup masuk dan katup uang. Tak ayal jika mesinnya mampu menghasilkan tenaga 158 dk pada 6.200 rpm dan torsi 196 Nm pada 4.400 rpm.

Toyota NAV1 juga disematkan transmisi otomatis CVT 7-speed shift tronic serupa milik Toyota Corolla Altis.

Keuntungan lain dari teknologi Valvematic adalah menghasilkan performa mesin yang lebih baik dan menurunkan kadar emisi gas buang. Dengan mengadopsi teknologi ini, NAV1 pun diklaim memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup irit untuk kelas MPV mewah.

"Hasil uji coba di Jepang, NAV1 memiliki konsumsi BBM hingga 13,6 kilometer per satu liter bensin," ujar Presiden Direktur TAM, Johnny Darmawan, di acara peluncuran Toyota NAV1, di Jakarta, Selasa (11/12).

Konsep Ekterior

Eksterior Toyota NAV1 didesain sebagai MPV mewah yang elegan dengan kehadiran dual power sliding door. Ini merupakan pintu geser yang dioperasikan secara otomatis.

Tampilan depan dengan desain chrome grill ditujukan untuk menghadirkan kesan berkelas. Sementara headlamp didesain integrated 4 bulbs with multi-reflectors and projector-type low beam untuk menghadirkan kesan mewah. Toyota NAV1 juga dilengkapi dengan desain lampu belakang dengan lampu LED untuk menambah kesan premium.

Demi kenyamanan penumpang dan pengendaranya, Toyota juga membekali kaki-kaki NAV1 dengan velg alloy 15 inci yang dibalut ban berukuran 195/65.

Konsep Interior

Kabin yang lapang dan kapasitas bagasi dengan banyak tempat penyimpanan bertujuan memenuhi kebutuhan konsumen yang beragam. Kendaraan 7-seaters atau berkapasitas tujuh penumpang ini dilengkapi dengan captain seat untuk baris pertama dan kedua. Hal ini diklaim untuk menghadirkan personal feeling dan kenyamanan prima, terutama di saat menempuh perjalanan jauh.

Captain seat pada baris kedua dapat diputar hingga 180 derajat ke belakang hingga bisa disulap sebagai meeting room berjalan. Atau cukup diputar 60 derajat untuk memudahkan penggunanya menaik-turunkan anak kecil.

Toyota NAV1 juga didesain dengan lower step untuk memudahkan penumpang naik dan turun dari kendaraan. Mobil ini diklaim memiliki step terendah di kelasnya.

MPV mewah ini juga dilengkapi dengan assist grip untuk pengemudi dan penumpang untuk memudahkan naik dan turun kendaraan.

NAV1 memiliki interior dengan kombinasi warna gading (ivory) dan ornamen perak. Desain interior dilengkapi dengan Optitron Combination Meter, dual zone automatic air conditioner, steering switch, serta VIP passenger entertainment.

Di kabin depan, AC climate control dual zone dan audio double-DIN menghiasi desain dashboard yang mirip dengan dashboard pada Toyota Alphard.

Dashboard Toyota NAV1 juga sudah diperkaya dengan 5.8" LCD TFT Touch Screen Audio System. Tuas transmisi di dashboard juga memudahkan saat dioperasikan dan memberi ruang lega antar bangku depan. Demikian juga tombol Start/Stop (pada tipe V) yang sangat memudahkan pengemudi.

Pilihan Warna dan Harga

Untuk memenuhi permintaan pasar, Toyota NAV1 meluncur dengan empat pilihan warna, yakni putih (white pearl), silver (silver metallic), abu-abu (grey metallic) dan hitam (black). MPV terbaru dari Toyota ini dibandrol dengan harga Rp378 juta untuk tipe G dan Rp398 juta untuk tipe V. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
4 Komentar
afriz
Jumat, 24 Januari 2014 | 07:04 WIB
body bagus untuk keluarga besar pas deh he.. he.. he..
anas
Senin, 17 Desember 2012 | 22:58 WIB
bodynya kurang dah.. kurang panjang.. lebih cantik biante
pujianto
Kamis, 13 Desember 2012 | 22:17 WIB
belum terjangkau untuk kelas atas di kecamatan saya
bambang
Rabu, 12 Desember 2012 | 09:16 WIB
NAV1 family car pas utk keluarga
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER