Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 April 2017 | 05:17 WIB

Bisnis Online

Tips Sukses Menjadi Recommended Seller

Oleh : Sesario Prakoso | Sabtu, 17 November 2012 | 11:12 WIB
Tips Sukses Menjadi Recommended Seller
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Bisnis online atau yang lebih dikenal dengan sebutan online shop sedang menjadi tren di Indonesia. Banyak yang sukses dan banyak pula yang gagal menjalankan bisnis ini.

Berikut kami paparkan beberapa tips untuk menjadi recommended seller dalam bisnis online:

1. Perdalam Pemahaman Anda Tentang Produk yang Dipasarkan

Pernahkah Anda merasa risih dan tidak nyaman terhadap SPG saat berbelanja di mal?

Inilah poin yang menjadikan bisnis online berkembang pesat saat ini. Mayoritas pembeli online menginginkan informasi yang detail tentang produk yang mereka inginkan, namun malu untuk bertanya langsung di toko atau pusat perbelanjaan.

Pembeli lebih nyaman bertanya secara tidak langsung dan menuntut penjual memiliki informasi lengkap tentang produk yang dipasarkan. Jangan pernah memulai bisnis online tanpa mepelajari secara mendalam tentang produk yang dijual. Hal ini akan berakibat fatal jika kita bertemu pembeli yang sangat memahami produk yang kita jual.

Selain memberikan informasi kepada pembeli, pemahaman akan produk akan bermanfaat dalam menentukan harga jual produk maupun menghadapi persaingan harga yang terjadi di bisnis online

2. Jalin Komunikasi yang Intens dengan Pembeli

Jangan pernah malas membalas setiap pertanyaan dari calon pembeli. Bisnis online sangat bergantung pada kemampuan kita untuk berkomunikasi dengan calon pembeli.

Tidak hanya sebelum deal hingga setelah deal saja kita berkomunikasi dengan pembeli, namun saat proses pengiriman barang pun kita intens berkomunikasi dengan pembeli.

Menanyakan barang yang dikirim sudah sampai adalah hal terpenting. Mengapa demikian? Karena dengan komunikasi tersebut pembeli akan memberikan penilain kepada kita sebagai penjual yang mempunyai tanggung jawab. Dan besar kemungkinan kita mendapat promosi dari pembeli tersebut.

3. Jangan Takut Memberikan Harga Tinggi

Tidak semuanya yang murah itu laku. Terlebih di bisnis online, kebanyakan pembeli memilih bertransaksi online karena membutuhkan service. Jika terjadi perang harga, jangan pernah terpengaruh ikut-ikutan menurunkan harga.

Kita harus yakin bahwa kualitas barang yang kita jual dengan harga yang kita berikan sudah sesuai. Prinsip 'ada uang ada rupa' harus ditanamkan jika kita menjalankan bisnis online

4. Rutin Memperbaharui Foto-foto Produk

Selalu gunakan foto asli dan tidak melalui proses editing apapun dari produk kita dan hindari penggunaan foto dari web lain. Pembeli online akan lebih percaya dengan penjual yang menggunakan foto asli dibandingkan foto yang di ambil dari web.

Selalu gunakan juga watermark di setiap foto produk untuk menghindari pencurian foto produk kita. Dan jangan lupa selalu update jika terjadi penambahan item.

5. Selalu Meng-update Testimoni dari Pembeli

Testimoni dari pembeli menjadi sangat penting dalam bisnis online, karena testimoni akan menambah tingkat kepercayaan pembeli. Jika terdapat testimoni kurang baik dari pembeli, segera kita lakukan klarifikasi .

6. Berikan Garansi

Untuk menambah kepercayaan pembeli, pemberian garansi menjadi wajib hukumnya. Meskipun barang yang kita jual tidak memiliki garansi resmi, kita bisa memberikan garansi secara pribadi, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Selamat mencoba. [ikh]

1 Komentar

Image Komentar
DHENI - Kamis, 18 September 2014 | 10:44 WIB
Kentut kalo nipu sekali tetep aja jadi ga percaya laghi

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.

x