Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 02:05 WIB

Lapisan Ozon di Kutub Selatan Sedikit 'Memulih'?

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Kamis, 25 Oktober 2012 | 18:30 WIB
Lapisan Ozon di Kutub Selatan Sedikit 'Memulih'?
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Washington - Rupanya ada sedikit harapan cerah, karena lubang di lapisan ozon atas kutub selatan semakin mengecil. Benarkah?

Seperti dikutip dari TheStar, lubang lapisan ozon di atas kutub selatan untuk tahun ini adalah kedua terkecil ukurannya dalam dua dekade terakhir ini. Namun lubang itu tetap saja ukurannya masih besar, sekira ukuran wilayah Amerika Utara, ungkap para ahli di AS.

Rata-rata ukuran dari lapisan ozon untuk wilayah Kutub Selatan adalah 17,9 juta kilometer persegi, menurut pihak National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan National Aeronautics and Space Administration (NASA).

"Nampaknya memang sedikit hangat suhu tahun ini di atmosfir atas Kutub Selatan, yang menandakan bahwa tidak terjadi banyak pengikisan ozon seperti pada tahun sebelumnya, yang mana suhu waktu itu lebih dingin," ujar Jim Butler dari Earth System Research Laboratory milik NOAA.

Lubang lapisan ozon di wilayah Kutub Selatan untuk September dan Oktober ini menurut pihak NOAA berukuran 13,2 juta km2, yang seluas kombinasi wilayah AS, Meksiko dan Kanada. [ikh]

 
Embed Widget

x