Kamis, 23 Oktober 2014 | 09:18 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Laporan dari IIMS 2012
Inikah Mobil Masa Depan Pengganti Xenia?
Headline
inilah.com/ Ikhsan S. Nathabradja
Oleh: Ikhsan S. Nathabradja
Teknologi - Rabu, 26 September 2012 | 10:59 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Selain memamerkan berbagai mobil produksi massal yang siap dipasarkan, IIMS 2012 juga menghadirkan berbagai mobil konsep atau mobil rancangan untuk masa depan. Salah satunya adalah Daihatsu UFC (Ultra Functional Car).

Mobil berkapasitas enam penumpang (2+2+2) ini disebut-sebut sebagai generasi penerus dari MPV andalan Daihatsu, yakni Xenia. Daihatsu UFC merupakan hasil rancangan tim Astra Daihatsu Motor (ADM). Mobil konsep ini juga baru pertama kali dihadirkan di depan publik.

Direktur Marketing ADM Amelia Tjandra menyebutkan, mobil konsep ini merupakan contoh mobil masa depan Daihatsu. Segala macam fungsi elektrik di mobil ini pun dikendalikan melalui sentuhan jari.

"Mobil ini lahir atas keinginan Daihatsu mempersembahkan mobil kompak dengan tujuh penumpang yang fungsionalis, lengkap dengan aplikasi teknologi mutakhir di dalamnya," kata Amelia dalam jumpa pers di booth ADM di arena IIMS 2012 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (25/9).

Posisi tempat duduk di dalam Daihatsu UFC bisa diatur dengan remote sesuai keinginan penumpangnya. Kursi pada baris kedua bisa menempel rapat dengan kursi di baris pertama sehingga menciptakan ruang penumpang yang lebih luas. Kursi pada baris ketiga pun dapat dilipat hingga rata dengan lantai mobil guna menghasilkan ruang bagasi ekstra besar.

Salah satu perancang dan anggota Divisi Penelitian dan Pengembangan ADM Isa Nova mengatakan, model konsep itu berukuran lebih panjang dengan desain yang menarik seperti pintu sliding tanpa pilar.

Daihatsu memang menghilangkan bagian pilar B di mobil konsep ini. Dengan digabungkan dengan penggunaan pintu geser alias sliding door, maka akan memudahkan penumpangnya ketika keluar masuk mobil.

Daihatsu UFC memiliki dimensi 4,050 x 1,695 x 1,585 meter dengan ground clearence yang tinggi (190 milimeter). Sepertinya mobil ini memang dirancang untuk kondisi jalan di Indonesia yang memang jarang ada yang mulus.

Di bagian dapur pacu, mobil konsep ini mengaplikasikan mesin Multi Purpose Vehicle DOHC empat silinder berkapasitas 1.300 cc yang sudah dilengkapi dengan teknologi water cooled.

Sebagai penyokong unsur kenyamanan, satu unit In-Desk Console Monitor Tablet berukuran besar dengan teknologi layar sentuh, disematkan untuk mensuplai beragam informasi fungsi dan fitur yang terdapat di mobil konsep besutan Daihatsu ini.

Namun sejauh ini pihak ADM belum mau mengungkapkan kapan Daihatsu UFC ini akan diproduksi secara massal untuk siap dipasarkan.

Kita tunggu saja bersama. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER