Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:28 WIB

Laporan dari IIMS 2012

Tata Nano, Si Mungil Bermesin Belakang

Oleh : Ikhsan S. Nathabradja | Senin, 24 September 2012 | 13:13 WIB
Tata Nano, Si Mungil Bermesin Belakang
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pabrikan mobil asal India, Tata, turut memamerkan produknya yang dikenal sebagai 'mobil termurah sejagat' di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Mobil mungil lansiran Tata Motors Indonesia, yakni Tata Nano, langsung menarik perhatian pengunjung perhelatan otomotif terbesar di Indonesia ini. Mobil berbobot 960 kilogram itu selalu membuat para pengunjung pameran penasaran, terutama terkait harga jual, ketersediaan dan waktu pemesanannya.

Tata Nano mengusung mesin dua silinder berkapasitas 624 cc yang diklaim menghasilkan tenaga 38 PS. Mesin dari mobil ini tidak terletak di bagian depan mobil, namun tersemat dengan rapi di bagian buritan, mirip seperti mobil VW zaman dulu.

Dengan mesin kecilnya ini, mobil berpenggerak roda belakang ini diklaim mampu dibawa lari hingga kecepatan 105 km/jam.

Kendaraan bertransmisi manual empat percepatan ini juga sudah dilengkapi sistem penggerak jendela otomatis (power windows) untuk deret kursi depan. Sementara di derat kursi belakangnya masih mengadopsi sistem buka jendela dengan tuas alias manual.

Secara dimensi, Tata Nano memiliki panjang 3.099 milimeter, lebar 1.495 milimeter, dan tinggi 1.652 milimeter. Mobil ini juga mempunyai ground clearance setinggi 180 milimeter.

Tata Motor Indonesia berencana meluncurkan Tata Nano untuk pasar Indonesia pada awal 2013. Namun pihak Tata Motors Indonesia belum merilis harga resmi dari Tata Nano ini.

Tapi menurut beberapa sumber, perkiraanharga mobil ini berkisar di bawah Rp70 juta. [mor]

 
x