Rabu, 26 November 2014 | 10:55 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Laporan dari IIMS 2012
Takeri, Mobil Masa Depan dari Mazda
Headline
Oleh: Ikhsan S. Nathabradja
Teknologi - Minggu, 23 September 2012 | 13:27 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Tak hanya menampilkan sejumlah mobil yang siap dipasarkan saja, produsen mobil Jepang Mazda juga menghadirkan mobil konsepnya yang bernama Takeri di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 di Jakarta.

Dengan warna merah menyala, mobil konsep ini langsung menjadi pusat perhatian pengunjung saat memasuki booth Mazda Motor Indonesia di Hall A, JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Mazda Takeri merupakan hasil rancangan dari desainer Mazda ternama yakni Akira Tamatani. Menurut perancangnya, desain mobil ini terinspirasi dari binatang buas cheetah yang terkenal agresif dan cepat.

"Takeri merupakan hasil perwujudan dari visi Mazda untuk generasi masa depan sedan Mazda yang menunjukkan tema desain 'KODO' yang sekaligus dapat mencapai efisiensi BBM kendaraan," ujar Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia Keizo Okue.

Desain 'KODO' merupakan tema dari konsep global desain Mazda yang memiliki arti 'Soul of Motion’ dan terinspirasi dari gerakan cepat yang dimiliki seekor cheetah.

Sedan konsep empat pintu yang tampil pertama kali di Tokyo Motor Show bulan November tahun lalu ini memiliki desain bodi yang sangat unik dengan garis tegas.

Menurut perancangnya, bodi Mazda Takeri seperti aliran udara yang tak putus yang mengutamakan unsur aerodinamis sebuah kendaraan. Dengan gril depan yang lebar dan dipadukan dengan head lamp menyipit membuat kesan mobil Mazda Takeri semakin terlihat moderen dan futuristik.

Mazda Takeri dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru dari Mazda, seperti SKYACTIV-D engine dengan i-ELOOP (intelligent Energy Loop) dan juga i-STOP (idle Stop). Mobil ini merupakan konsep kendaraan yang irit bahan bakar, bertenaga besar, namun ramah lingkungan.

i-ELOOP merupakan teknologi yang akan membantu proses charging kapasitor pada saat pengendara melepas kaki dari pedal gas. Tenaga listrik yang dihasilkan ini akan dipakai untuk berbagai komponen elektrik tanpa harus mengganggu kinerja mesin. Dengan demikian beban mesin akan berkurang dan tentunya efisiensi akan lebih meningkat.

Sedangkan i-STOP adalah sistem yang mematikan mesin secara otomatis di saat kendaraan tidak bergerak, seperti saat di lampu merah atau dalam keadaan jalanan macet.

Untuk kembali menyalakan mesin, cukup hanya dengan menekan pedal gas lagi. Mesin otomatis akan hidup dalam 0,35 detik. Keberadaan sistem ini diklaim dapat menekan konsumsi bahan bakar hingga 10%.

"Semua kelebihan dari Takeri baik dari sisi desain, kenyamanan berkendara dan performa yang ramah lingkungan membuatnya ideal untuk menjadi salah satu acuan dalam produksi sedan Mazda ke depannya sesuai dengan tema Mazda tahun ini, Engineering The Future," tambah Okue. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER