Kamis, 23 Oktober 2014 | 20:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
iPhone 5 vs iPhone 4S, Apa Saja Perbedaannya?
Headline
ist
Oleh: Ikhsan S. Nathabradja
Teknologi - Minggu, 16 September 2012 | 02:10 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - iPhone 5 sudah resmi diluncurkan di Amerika Serikat pada Rabu (12/9) lalu. Kehadirannya pun disambut meriah oleh para pencinta teknologi, khususnya para penggila produk-produk Apple.

Maraknya pemberitaan di berbagai media massa di seluruh penjuru dunia dalam tiga hari terakhir ini, semakin jelas menunjukan bahwa smartphone besutan Apple memang sungguh populer.

Tapi mungkin dari Anda, para pembaca setia INILAH.COM, masih ada yang bertanya-tanya, apa saja sihperbedaan iPhone 5 ini dengan pendahulunya yakni iPhone 4S? Nah, di sini kami akan coba mengulas mengenai perbedaan di antara keduanya.

Secara tampilan, iPhone 5 dan iPhone 4S memang sekilas terlihat mirip. Apple memang tidak banyak melakukan banyak perubahan desain kepada perangkat-perangkat terbarunya. Namun, setelah diamati lagi, perbedaan antara tampilan iPhone 5 dan iPhone 4S terletak pada ukuran dan warna.

iPhone 5 memiliki ukuran layar yang lebih lebar, yakni 4 inci. Layar ini sudah dilengkapi dengan teknologi Retina Display dengan resolusi 1136 x 640 pixel. Sedangkan iPhone 4S mempunyai layar berukuran 3,5 inci atau mirip dengan ukuran yang dimiliki oleh pendahulunya, iPhone 4. Layar iPhone 4S juga sudah dilengkapi dengan teknologi Retina Display namun memiliki resolusi gambar yang lebih kecil, yakni 960 x 640 pixel.

Perbedaan ukuran layar ini jelas mempengaruhi bobot dan dimensi dari kedua perangkat smartphone besutan Apple ini. iPhone 5 memiliki dimensi ukuran yang tentunya lebih besar, yakni 123,8mm (tinggi) x 58,6mm (lebar) x 7,6mm (ketebalan) dengan bobot 112 gram. Sedangkan iPhone 4S mempunyai dimensi 115mm x 58,6mm x 9,3mm dengan bobot yang lebih berat yakni 140 gram.

Dengan kata lain, meskipun secara dimensi iPhone 5 memiliki ukuran bodi yang lebih besar, tetapi bobotnya justru lebih ringan dari pendahulunya.

Masih dari segi tampilan, kita beralih ke varian warna. Seperti produk-produk terdahulunya, iPhone hadir dengan dua pilihan warna, hitam dan putih. Bedanya, iPhone terbaru ini menyematkan dua warna tadi dengan kombinasi warna lain. iPhone 5 warna hitam dikombinasikan dengan warna slate (abu-abu seperti warna batu tulis) di bagian belakangnya. Sedangkan varian warna putihnya digabungkan dengan nuansa perak (silver) pada punggungnya.

Sekarang kita beralih ke dapur pacunya. iPhone 5 dipersenjatai dengan prosesor terbaru yang bernama A6. Oleh Apple, prosesor baru ini diklaim dua kali lebih cepat dari prosesor A5 yang dipakai oleh iPhone 4S. Prosesor A6 juga disebutkan memiliki kemampuan grafis dua kali lebih baik dari pendahulunya.

Perbedaan berikutnya terletak pada kameranya, walaupun hanya sedikit. iPhone 5 menggunakan kamera belakang (iSight Camera) beresolusi 8 megapixel yang sudah dilengkapi dengan autofokus dan lampu kilat LED flash. Kamera ini mirip dengan yang digunakan oleh iPhone 4S.

Nah, perbedaannya terletak pada kamera depan atau kerap disebut Face Time Camera. Kamera depan iPhone 5 mempunyai resolusi 1,2 megapixel dan dapat merekam video secara HD (720p). Kamera ini berbeda dengan yang disematkan pada iPhone 4S yang 'hanya' beresolusi VGA, baik untuk pengambilan foto maupun perekaman video.

Perbedaan lainnya antara iPhone 5 dan pendahulunya terletak pada SIM card. Jika iPhone 4S menggunakan SIM card yang bernama Micro-SIM, iPhone 5 sudah memakai Nano-SIM. Karena disebut 'nano' maka sudah pasti ukuran SIM card ini berukuran lebih kecil dari Micro-SIM. Tapi tak perlu khawatir, penggunaan SIM card baru ini tentunya akan didukung oleh para operator penyedia layanan dari iPhone 5.

Sedangkan perbedaan terakhir dari kedua perangkat ini terletak pada piranti konektor. iPhone 5 melakukan revolusi dengan menghadirkan konektor lebih mungil yang diberi nama Lightning. Konektor ini menggantikan 30-pin connector yang dipakai oleh iPhone 4S dan perangkat-perangkat sebelumnya.

Banyak penggila Apple yang sedikit kecewa dengan rovolusi ini, karena menurut mereka, aksesoris lama yang masih menggunakan 30-pin connector ini tidak dapat digunakan untuk iPhone 5. Namun, Apple mengklaim penggunaan konektor Lightning ini akan jauh lebih baik dari pendahulunya. Selain ukurannya yang simple dan lebih kecil hingga 80%, konektor Lightning ini dikatakan jauh lebih kuat dan tahan lama ketimbang 30-pin connector.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
2 Komentar
raden zhalper
Senin, 13 Oktober 2014 | 22:19 WIB
kenapa harganya kok terlalu mahal padahal kan tidak jauh beda kelebihanna dengan 4s nya ? dan mengapa camera depannya sama dengan 4s nya ?
alviant
Rabu, 26 Desember 2012 | 10:44 WIB
bedanya di apple ada garansi resmi sama garansi internasional it bedanya dmna y....tx
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER