Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:28 WIB

Teknologi Pendingin Ruangan Ramah Lingkungan

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Kamis, 6 September 2012 | 01:11 WIB
Teknologi Pendingin Ruangan Ramah Lingkungan
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Jika selama ini banyak orang mengandalkan AC untuk mendinginkan ruangan, maka teknologi yang dimilikii Reflecto ini jauh lebih ramah lingkungan.

Reflecto menawarkan dua pilihan teknologi untuk mendinginkan suhu ruangan, yakni dengan menuangkan dan melapisi dengan cairan tertentu ke kaca dan beton.

"Layanan dari Reflecto ada dua, yakni untuk kaca melalui Reflecto Glass, dengan metode menuangkan kaca dengan cairan transparan tertentu yang mampu menurunkan suhu dalam ruangan, dan tetap menyerap sinar Matahari secara baik," ujar Herwinanto, Marketing Supervisor dari Energy Eco Elements, selaku distributor Reflecto, di acara pameran Design.ID 2012 di Jakarta, Rabu (5/9).

Sementara layanan kedua, untuk pendingin bangunan beton. Menurut Herwinanto untuk bangunan beton Reflecto menggunakan Teknologi Advance Thermo Insulation Paint Application.

"Ini merupakan teknik coating atau pelapisan dengan jenis cairan pelapis tertentu, yang menggunakan nano-technology dan teknologi NASA," tambah Herwinanto.

Selanjutnya ia menjelaskan, teknologi Reflecto Glass mampu mengurangi panas yang masuk ke ruangan, tanpa mengurangi kadar ultra-violet dan terang cahaya yang masuk, sehingga biaya penggunaan listrik dapat dihemat.

"Meskipun begitu, hal ini tidak menimbulkan efek rumah kaca. Untuk hal ini, Reflecto Glass telah mendapat sertifikasi ramah lingkungan," ujar Herwinanto.

Selain sektor bisnis, Reflecto juga menawarkan layanannya kepada masyarakat, contohnya untuk perumahan. Jenis cairan pelapis beton yang ditawarkan pun ada tiga warna yakni putih, krem dan abu-abu muda.

"Untuk warna tambahan lainnya, juga ada, namun harganya agak sedikit mahal," papar Herwinanto.

Teknologi coating beton dan pouring kaca untuk mendinginkan ruangan pun di Indonesia, menurut Herwinanto masih cukup baru.

"Kalau coating atap mungkin sudah cukup lama, namun untuk dinding masih baru, dan kami merupakan satu-satunya di Indonesia yang menawarkan layanan ini," ujarnya. [ikh]

Komentar

 
Embed Widget

x