Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 2 September 2015 | 01:08 WIB
Hide Ads

Pelaku 'Facebook Murder' Diganjar Setahun Penjara

Oleh : Nur Ikhsan | Rabu, 5 September 2012 | 14:42 WIB
Pelaku 'Facebook Murder' Diganjar Setahun Penjara
Foto: Ilustrasi

INILAH.COM, London - Seorang remaja pria berusia 15 dijatuhkan hukuman satu tahun penjara oleh pengadilan Belanda terkait kasus pembunuhan berencana yang ia lakukan.

Remaja bernama Jinhua K didakwa membunuh seorang gadis berusia 15 bernama Joyce "Winsie" Hau di rumahnya di Arnhem, 60 km sebelah selatan Amsterdam, Belanda.

Dilansir oleh BBC, kasus pembunuhan ini bermula dari pertengkaran Winsie dengan temannya Polly W di wall halaman Facebook mereka. Wensie dituduh tmenyebarkan cerita lewat posting-an di Facebook dan jejaring sosial lain mengenai 'petualangan seksual' Polly dan kekasihnya Wesley C.

Entah apa yang ada di isi kepala pasangan belia ini. Polly dan Wesley lalu menghubungi Jinhua dan mulai merencanakan pembunuhan terhadap Winsie. Ketiga remaja itu rutin berhubungan melalui Facebbok dan telepon dalam merencanakan pembunuhan tersebut.

Di depan pengadilan, Jinhua mengaku menyesal dan meminta maaf atas perbuatannya. Ia juga mengatakan bahwa ia terpaksa melakukan pembunuhan itu karena pasangan muda ini juga mengancam akan membunuhnya jika ia tidak mau membunuh Winsie.

Di Belanda, hukuman maksimal untuk pembunuhan bagi pelaku remaja berusia 12-16 tahun adalah satu tahun penjara. Selain dihukum satu tahun di penjara remaja, Jinhua juga diduga memiliki gangguan mental dan kepribadian. Untuk itu, ia akan menjalani terapi di bawah pengawasan seorang psikiater selama dua tahun.

Keputusan pengadilan ini tentu saja membuat ayah Winsie kecewa. Menurutnya, sangat tidak seimbang antara perbuatan menghilangkan nyawa anaknya dengan ganjaran hukuman yang 'cuma' satu tahun saja.

Di Negeri Kincir Angin ini, kasus pembunuhan yang terkenal dengan sebutan 'Facebook Murder' itu telah mengundang reaksi dari banyak kalangan soal pentingnya kehadiran peraturan di jejaring sosial. [mor]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.