Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 September 2017 | 22:23 WIB

Menristek Terus Upayakan Kenaikan Dana Penelitian

Oleh : Riza Pahlevi | Kamis, 30 Agustus 2012 | 20:11 WIB
Menristek Terus Upayakan Kenaikan Dana Penelitian
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Mohammad Hatta - istimewa
facebook twitter

INILAH.COM, Bandung - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Gusti Mohammad Hatta mengatakan akan terus memperjuangkan dana penelitian bagi para peneliti.

"Sejak duduk di Kemeristek ini saya sudah bertekat untuk memperjuangkan insentif bagi peneliti agar megalami kenaikan. Untuk proses yang saya lalui yakni diproses ke Menpan terus ke Menteri Keuangan dan dilanjutkan ditanda tangani oleh presiden," kata Gusti saat ditemui wartawan usai menghadiri acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Gedung Merdeka Kota Bandung, Kamis (30/8/2012).

Gusti megatakan dirinya tidak ingin memberikan begitu saja dana bagi peneliti yang kinerjanya tidak maksimal. "Kita tidak mau begitu saja ngasih uang sama peneliti, tentunya ada ketentuan-ketentuan tertentu. Yang jelas kinerja mereka akan mendapatkan penilaian, kalau misalnya tidak bagus mungkin bisa saja konsekuensinya dana penelitian akan dipotong," ujarnya.

Sementara itu, untuk dana penelitian pada tahun ini dirinya memastikan mengalami kenaikan, namun saat diminta menjelaskan jumlah dana dia hanya memberikan contoh. "Untuk dan penelitian saat ini misalkan kemarin Rp1,4 juta sekarang menjadi Rp3.2 juta," tuturnya.

Dia menambahkan bahwa saat ini Kemnriistek, Batan dan LIPI sudah berhasil medapat remunerasi, itu artinya peneliti akan mendapatkan tunjangan. Dan dapat dipastikan dana untuk penelitian mengalami kenaikan.[jul]

 
Embed Widget

x