Minggu, 31 Agustus 2014 | 03:13 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inovasi BBPT dari Tanaman Jamur
Inilah Minuman Kesehatan Turunkan Kolesterol
Headline
bppt.go.id
Oleh:
Teknologi - Selasa, 28 Agustus 2012 | 00:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Minat masyarakat terhadap minuman kesehatan cenderung meningkat karena alasan kepraktisan. Saat ini, minuman kesehatan yang mudah kita jumpai di pasaran berbahan dasar buah. Selain populer sebagai makanan sehat dan bergizi, jamur kini sangat potensial sebagai minuman sehat.

Jamur yang selama ini dikonsumsi sebagai sayuran, lauk, ataupun makanan ringan, kini sudah dikembangkan menjadi minuman kesehatan. Minuman ini tak ubahnya minuman Vitamin C di pasaran. Tentu dengan rasa yang segar apabila disandingkan bersama minuman kemasan lainnya.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), mengembangkan minuman kesehatan β-Lemon dari ekstrak beta glukan yang terkandung dalam jamur. Beta glukan sendiri merupakan polisakarida penyusun dinding sel jamur yang berfungsi sebagai imunomodulator, sangat bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Tidak hanya itu, beta glukan juga telah lama diketahui berpotensi mengatasi penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler terutama kolesterol.

Dengan keunggulan dari masing-masing bahan baku yang digunakan, minuman β-Lemon menjadi produk yang mempunyai keunggulan kelengkapan nutrisi dan khasiat dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah penyakit degeneratif.

BPPT merekayasa salah satu jenis jamur, yaitu jamur tiram (Pleurotus sp) menjadi ekstrak untuk bahan minuman atau penyedap rasa. Kandungan beta-glukan di dalam jamur itulah imunomodulator yang meningkatkan kekebalan tubuh.

Minuman kesehatan berbahan dasar jamur yang mengandung beta glukan bermanfaat karena bergizi, ramah lingkungan dan menyehatkan.

Selain itu adanya produksi minuman tersebut dapat meningkatkan nilai tambah penjualan jamur, membuka peluang baru industri makanan dan minuman olahan, membuka peluang baru industri nutraceutikal berbasis beta glukan dan memberikan alternatif pilihan dari berbagai minuman kesehatan yang sudah dikomersialkan di pasaran.

Secara garis besar beta glukan juga berfungsi sebagai antikolesterol, antihipertensi, antivirus, dan yang saat ini lebih populer, karena daya tahan tubuh kita kuat, maka bisa untuk mencegah kanker.

Saat ini Badan Pangan dan Obat-obatan Amerika (FDA) memasukkan beta glukan dalam kategori Recognized As Safe (GRAS) atau direkomendasikan aman, tidak mengandung racun dan efek samping.

Kedepannya nanti, diharapkan dapat dikembangkan sistem teknologi ekstraksi untuk membuat produk minuman kesehatan berbasis beta glukan dari jamur Basidiomycota.

Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi tautan berikut ini. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER