Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 3 Maret 2015 | 14:18 WIB
Hide Ads

Terlalu Lama di Depan TV Pengaruhi Kesehatan Anak

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Kamis, 16 Agustus 2012 | 20:11 WIB
Terlalu Lama di Depan TV Pengaruhi Kesehatan Anak
Foto: Ilustrasi

INILAH.COM, California - Televisi dan komputer memang apabila dikonsumsi secara berlebihan efeknya kurang baik, bukti terbaru pun memperlihatkan imbasnya pada anak-anak.

Seperti dikutip Mashable, para peneliti menemukan bahwa anak-anak berusia 9-10 tahun yang menghabiskan 75% waktu mereka untuk bermain komputer atau menonton televisi, beresiko sembilan kali mendapat kerusakan motorik, ketimbang anak aktif lainnya di usia yang sama.

Studi terbaru tersebut juga menyimpulkan bahwa aktivitas seperti menonton televisi dan bermain komputer juga mempengaruhi kemampuan motorik seperti keseimbangan dan melompat.

Studi asal Portugal yang diterbitkan di American Journal of Human Biology tersebut mengukur tingkat aktivitas pada 110 anak perempuan dan 103 anak laki-laki.

Anak laki-laki yang menghabiskan waktu mereka di depan komputer dan TV memiliki dampak yang paling besar, ketimbang anak perempuan. Karena para anak perempuan yang menghabiskan 77,3 persen waktu mereka untuk TV dan komputer tingkat kerusakan motoriknya empat sampai lima kali lebih rendah ketimbang anak laki-laki.

Penelitian tersebut berdasarkan dari riset atas aktivitas fisik, edukasi orang tua dan jenis tubuh. [ikh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.