Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 Mei 2015 | 12:14 WIB
Hide Ads

Indonesia Kini Punya 'Google Map' Versi Lokal

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Sabtu, 11 Agustus 2012 | 14:09 WIB

Berita Terkait

Indonesia Kini Punya 'Google Map' Versi Lokal
http://tanahair.indonesia.go.id

INILAH.COM, Bandung - Layanan perpetaan Google saat ini mungkin sangat lengkap. Namun Indonesia pun tak mau kalah untuk pula menghadirkan layanan serupa versi lokalnya. Badan Informasi Geospasial lah yang menghadirkannya.

Badan Informasi Geospasial yang dulunya bernama Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) kini menghadirkan layanan perpetaan geospasial menyerupai Google, melalui situs bernama Tanah Air.

"Kami dari Kemenristek saat mendukung situs ini karena Tanah Air juga mendukung daya saing industri lokal, mendukung ketahanan hankam pangan dan lain-lain, serta memperkuat layanan pemerintah ke publik," ujar Sekertaris Menristek Dr Mulyanto, di acara talkshow Geospasial, yang merupakan salah satu rangkaian acara perayaan Hakteknas ke-17, di Sabuga, Bandung.

Situs Ina-Geoportal Badan Informasi Geospasial (BIG) menyediakan peta dasar meliputi jalan, gunung, ketinggian daratan, batas wilayah, garis pantai dan sebagainya. Situs dengan nama domain Tanah Air ini pun baru akan diluncurkan secara resmi pada tahun 2013 nanti.

Di keterangan resminya pun dijelaskan bahwa situs situs Ina Geoportal akan membantu dalam mencapai good-governance di Indonesia, mendukung efisiensi administrasi, dan juga mencegah duplikasi data, dan yang terpenting agar data geospasial Indonesia menjadi lebih mudah untuk didapatkan.

Lalu ditambahkan pula bahwa situs Ina Geoportal akan membantu penataan ruang, pengelolaan ruang, pengelolaan SDA, mitigasi bencana, dan masih banyak lagi.

Tertarik untuk melihat situs Ina Geoportal (Tanah Air)? Klik ke sini.

Tag :

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.