Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 6 Maret 2015 | 03:11 WIB
Hide Ads

Hakteknas Usung Tema Inovasi untuk Kemandirian

Oleh : Riza Pahlevi | Selasa, 7 Agustus 2012 | 21:21 WIB

Berita Terkait

Hakteknas Usung Tema Inovasi untuk Kemandirian
ist

INILAH.COM, Bandung - Memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17, 10 Agustus nanti, Kementerian Riset dan Teknologi mengangkat tema utama 'Inovasi untuk Kemandirian Bangsa'.

"Tema ini dipilih agar penelitian dan pengembangan Iptek lebih bertumpu pada kebutuhan ril masyarakat (demand driven), mencari solusi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat dan mendorong pemenuhan kebutuhan riset yang lebih aplikatif," kata Humas Acara Hakteknas Wijayanti saat ditemui INILAH.COM di Grand Hotel Panghegar Jalan Merdeka, Bandung, Selasa (7/8).

Wijayanti mengatakan pemilihan tema ini juga dimaksudkan sebagai salah satu upaya mendorong intensitas dan kualitas komunikasi, interaksi antara lembaga riset atau perguruan tinggi sebagai aktor pengembang teknologi dengan industri atau pengguna teknologi.

"Adanya keterpaduan antara teknologi yang dihasilkan dengan kebutuhan merupakan sasaran penguatan inovasi nasional," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, tema di atas juga menekankan pada berbagai capaian kegiatan penelitian, pengembangan, dan penerapan iptek sebagai bagian dari upaya penguasaan pemanfaatan dan pemajuan iptek sebagaimana disebutkan dalam UU No 18 tahun 2002.

"Bangsa yang mandiri berarti mampu berdiri di atas kekuatan sendiri dengan sumber daya yang dimiliki mampu memecahkan persoalan yang dihadapi mampu mengembangkan inovasi dan riset di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki keunggulan plus daya saing," jelasnya.

"Semua kemampuan tersebut dapat terwujud dengan mendorong inovasi yang melibatkan sinergi tiga unsur utama dalam, Academics, Bussines and Goverment (ABG). Hal inilah yang ingin ditonjolkan sebagai semangat Hakteknas tahun ini," tandasnya. [jul]

Tag :

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.