Sabtu, 29 November 2014 | 02:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Menristek: Indonesia Siap Luncurkan Roket RX-550
Headline
Menristek Gusti Muhammad Hatta - IST
Oleh: Nur Ikhsan Suryakusumah
Teknologi - Senin, 6 Agustus 2012 | 09:31 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, mengatakan tahun ini Indonesia sudah siap meluncurkan roket RX-550 (Kaliber 550 mm) dengan jangkauan 300 kilometer yang akan membawa peralatan pengukur atmosfer.

"Kita sedang mengembangkan roket RX-550 dan siap meluncurkannya tahun ini," kata Menristek dalam jumpa pers tentang peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17 di Jakarta.

Menurut Menristek, Roket RX-550 yang merupakan roket terbesar yang pernah dikembangkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menjadi bukti atas kemampuan bangsa Indonesia mengembangkan teknologi tinggi.

Menurut rencana sekitar akhir Agustus hingga September Lapan akan melakukan uji statik roket RX-550 untuk yang kedua kalinya.

Uji statik roket ini merupakan uji di darat untuk mengetahui kinerjanya misalnya daya dorongnya saat akan tinggal landas, atau kemulusannya saat dinyalakan.

Untuk peluncuran tersebut, Lapan akan bekerja sama dengan Pemda Morotai, Maluku Utara. Hal ini dikarenakan roket RX-550 akan diterbangkan dari Morotai yang lokasinya sangat bagus untuk peluncuran roket.

Dalam kesempatan sama, Menristek juga menyebutkan bahwa Indonesia menargetkan sudah bisa memproduksi mobil listrik sendiri pada 2018, setelah prototip produksi dihasilkan.

"Saat ini kita baru di level lima dari sembilan level yang harus dilalui dalam technology readyness level," ujar Menristek.

Mengenai mobil listrik, lanjut Menristek, segala komponennya sudah siap dibuat di dalam negeri. Selain itu pemerintah juga telah siap membangun stasiun pengisian energi listrik bagi baterai mobil tersebut.

Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-17 bakal digelar di Bandung pada 8-11 Agustus 2012. Tahun ini Hakteknas mengambil tema 'Inovasi untuk Kemandirian Bangsa'.

Pemilihan tema itu dimaksudkan agar penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) lebih bertumpu pada kebutuhan riil masyarakat yang ada.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Hakteknas ke-17, dapat langsung akses ke situs berikut. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER