Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Januari 2015 | 13:20 WIB
Hide Ads

60% Aplikasi di Apple App Store Tidak Laku

Oleh : Nur Ikhsan Suryakusumah | Sabtu, 4 Agustus 2012 | 16:16 WIB
60% Aplikasi di Apple App Store Tidak Laku
t3.com



INILAH.COM, San Francisco - Aplikasi di platform iOS di Apple App Store berjumlah sekitar 700.000. Tapi tahukah Anda, dari jumlah itu lebih dari setengahnya tidak pernah diunduh oleh para pengguna?

Firma analisis dari Jerman bernama Adeven merilis laporan yang mengatakan bahwa lebih dari 60% dari jumlah aplikasi atau sekitar 400.000 aplikasi di Apple App Store tidak pernah diunduh pengguna.

Laporan dari Adeven ini cukup mengejutkan mengingat Apple dengan platform iOS-nya dinilai lebih superior dibanding Android karena jumlah aplikasi yang lebih banyak.

Beberapa orang berspekulasi, hal ini salah satunya disebabkan karena banyaknya aplikasi sejenis ,meski pengembangnya berbeda-beda. Contohnya aplikasi flashlight atau lampu senter. Adeven mencatat ada sekitar 1.899 aplikasi flashlightyang hadir dalam App Store.

Jumlah aplikasi yang belum pernah diunduh ini tidak termasuk aplikasi aneh bernama I Am Rich. Aplikasi ini menawarkan fungsi minim, namun harga yang ditawarkan sangat mahal, mencapai US$999,99 dan telah diunduh sebanyak delapan kali sebelum Apple menarik aplikasi ini dari App Store.

CEO Adeven Christian Henschel mengatakan bahwa hanya ada beberapa ribu aplikasi yang diunduh pengguna dari Apple App Store.

"Hal ini berdasarkan sistem tertutup Apple. Ini sulit bagi pengguna untuk menemukan aplikasi yang benar-benar tepat meski melalui fasilitas pencarian. Satu-satunya jalan adalah memilih aplikasi dari daftar teratas," ujar Henschel, seperti dikutip oleh T3.

Adeven menawarkan solusi untuk masalah ini dengan melakukan pelacakan terhadap aplikasi melalui Apptrace. Aplikasi Apptrace menjanjikan kemudahan pelacakan aplikasi dan melakukan pemantauan layanan lainnya.

Layanan ini akan tersedia untuk platform iOS dan akan bertugas memantau berbagai aplikasi di Apple App Store. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.