Selasa, 2 September 2014 | 21:02 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Game Komputer Bisa Lawan Depresi pada Remaja?
Headline
technology.inquirer.net
Oleh: Ahmad Taufiqqurakhman
Teknologi - Rabu, 1 Agustus 2012 | 12:32 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Auckland -Game komputer banyak disebut sebagai salah satu pemicu faktor depresi pada remaja. Namun, kini hal kebalikannya sedang diusahakan untuk dicoba.

Seperti dikutip dari Inquirer, game komputer kini coba untuk digunakan untuk melawan depresi pada remaja, melalui sebuah program inovatif di Selandia Baru.

Game inovatif yang dimaksudkan untuk melawan depresi tersebut bernama Sparx. Game tersebut bertujuan mengajarkan para remaja bagaimana menangani depresi dengan menggunakan pendekatan psikologis yang dikenal dengan nama cognitive behavioural therapy (CBT).

Pembuat dari Sparx sengaja membuat game tersebut menarik bagi para remaja, yang biasanya cepat bosan dengan sebuah game. Hasilnya, maka dibuat game berjenis fantasi di mana para remaja bisa menggunakan avatar dan menghancurkan pikiran-pikiran negatif dengan bola api, serta menyelamatkan dunia dari keputusasaan dan pesimis.

Sparx memiliki tujuh level, yang masing-masing berlangsung hingga 35-40 menit; durasi yang sama ketika melakukan bimbingan konseling. Oleh pembuatnya, game ini ditujukan pada segmen remaja usia 13-17 tahun. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER