Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 05:04 WIB

25% Printer Merk HP Rentan Serangan Malware

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Kamis, 26 Juli 2012 | 16:33 WIB
25% Printer Merk HP Rentan Serangan Malware
mashable
facebook twitter

INILAH.COM, California - Kini kita digiring untuk tergantung dengan sistem komputasi awan seperti Dropbox dan iCloud, namun justru untuk printernya kerap terlupakan.

Guardian melaporkan bahwa sekitar 25% dari printer Hewlett-Packard (HP) rentan terhadap serangan malware. Demikian seperti dikutip oleh Mashable.

Pernyataan itu berdasarkan hasil studi dua ilmuwan di Columbia University, AS, yaitu Salvatore Stolfo dan Ang Cui.

Di awal tahun ini keduanya mendemonstrasikan sejumlah printer laser jet HP dapat di-hack. Keduanya bisa menggunakan pengendali update dari printer itu untuk menginstal malware yang dapat menyerang printer tersebut.

Atas temuan pasangan tersebut, HP kemudian merilis 56 update tujuh bulan kemudian. Namun berdasarkan laporan dari firma keamanan internet Finlandia, ditemukan bahwa hanya ada 1% hingga 2% printer laser jet HP yang mendapat update. Yang lebih parah, seperempat dari printer-printer tersebut masih menggunakan setelan password yang sama.

"Lebih banyak dan sering kita menggunakan printer untuk mengirim dan menerima email, semakin mereka terekspos untuk mendapat serangan," ungkap Ari Takanen, founder dan Chief Technical Officer (CTO) dari firma keamanan Codenomicon.

"Banyak pengguna yang tidak sadar bahwa perangkat-perangkat yang mereka gunakan tidak dilindungi dengan firewall maupun software anti-virus," tutup Takanen. [ikh]

 
x