Selasa, 2 September 2014 | 08:53 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kapan Tepatnya iPhone 5 Akan Meluncur?
Headline
IST
Oleh: Ahmad Taufiqqurakhman
Teknologi - Minggu, 15 Juli 2012 | 18:08 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - iPhone 5 mungkin adalah salah satu gadget yang paling dinanti tahun ini, namun belum jelas kapan kira-kira ponsel termutakhir Apple akan resmi diluncurkan.

iPhone generasi keenam tersebut sendiri, menurut sebuah blog teknologi asal Jepang, Macotakara, sedang dalam tahap produksi, dan akan meluncur resmi pada musim gugur tahun ini atau bulan September.

Macotakara pula yang sukses memprediksi peluncuran dari iPhone 4S pada tahun 2011. Saat itu Macotakara melaporkan bahwa iPhone 4S dan iPad 3 akan diluncurkan pada bulan Oktober 2011. Untuk iPhone 4S ramalan mereka benar, namun untuk iPad agak meleset; New iPad diluncurkan pada bulan Maret 2012.

Macotakara sendiri dalam melakukan laporannya mengacu pada sumber di China. Dikatakan bahwa iPhone 5 desainnya berbeda dengan model yang terdahulu. Panel belakangnya mungkin terdiri dari bahan kaca dan alumunium.

Sebelumnya, di ajang Worldwide Developers Conference yang digelar di San Fransisco diketahui menjadi ajang pengumuman produk baru Apple, kabar iPhone terbaru juga sudah ramai. Kabar peluncuran iPhone 5 ini makin gencar setelah Apple mendaftarkan nama domain iPhone5.com.

Berbagai kabar juga menyebutkan bahwa iPhone 5 ini kabarnya akan menggunakan layar 4 inci dan akan menjadi senjata Apple menyaingi para pesaing.

Lalu CEO Foxconn, Terry Gou mengeluarkan pernyataan berbau kontroversi. Gou menyatakan bahwa iPhone generasi terbaru (iPhone 5) akan mempermalukan Samsung Galaxy S III.

Gou tampaknya cukup yakin dengan fitur yang dibawa Apple iPhone generasi terbaru mampu menjungkalkan Samsung Galaxy S III.

Pernyataan kontroversial bernada provokatif yang dilemparkan oleh bos Foxconn ini diperkirakan akan semakin menambah keruh konflik yang sudah terjadi.

Seperti diketahui, Apple dan Samsung merupakan dua perusahaan yang terlibat persaingan yang cukup keras di pasar tablet dan smartphone. Tak hanya itu, Samsung dan Apple terlibat konflik terkait paten yang hingga kini belum terselesaikan.

Foxconn sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi berbagai produk elektronik buatan perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Apple, Sony, Sharp, Microsoft, dan lain sebagainya.

Selama ini, Foxconn juga memproduksi iPhone dan iPad mulai dari generasi pertama hingga terakhir.

Beberapa berita samar mengenai harga dan spesifikasi iPhone 5 pun sudah banyak beredar pula.

Salah satu contohnya adalah dari operator nirkabel Cincinnati Bell di AS. Di bagian ponsel prabayar situs operator itu, sebuah barang baru muncul dengan nama ‘iPhone 5 32GB’.

Harga subsidi perangkat ini mencapai US$639,99 (Rp5,8 juta) dan untuk harga tanpa kontrak mencapai US$699 (Rp6,37 juta). Menurut keterangan yang ada, perangkat ini memiliki kamera 8MP dengan layar 4 inci dan kecepatan data 4G.

Gambar lain dari sumber sama menunjukkan adanya pendatang baru di keluarga iPhone dengan tulisan ‘iPhone 4S 16GB’.

Spesifikasi perangkat ini yakni kamera 5MP dengan layar 3,5 inci dan prosesor A5. Harga untuk pelanggan mencapai US$99,99 (RP911 ribu) dengan tabungan US$300 (Rp2,7 juta).

Sama halnya dengan spesifikasi, untuk desainnya pun cukup banyak beredar di internet, meski belum dapat dipastikan kebenarannya.

Yang jelas, Oktober maupun September, bagi yang sedang mencari iPhone terbaru sepertinya harus rela sedikit lama menunggunya. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER