Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:26 WIB

Foto Bukan Lagi Identifikasi Dapat Diandalkan

Oleh : Billy A Banggawan | Selasa, 10 Juli 2012 | 16:41 WIB
Foto Bukan Lagi Identifikasi Dapat Diandalkan
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Glasgow - Menurut para peneliti Inggris, foto wajah kini tak selalu bisa menjadi bukti identitas seseorang dengan implikasi serius untuk akurasi foto paspor. Mengapa?

Dilansir oleh UPI, gambar seseorang bisa tampak sangat berbeda dari satu foto dengan foto lainnya. Dalam hasil studi University of Glasgow, saat ditunjukkan beberapa foto yang diambil di internet, banyak orang yang mengaku melihat orang berbeda di mana sebenarnya hanya orang yang sama dengan presentasi yang berbeda.

Partisipan yang merasa tak asing dengan subyek foto mengaku mudah mengidentifikasi orang tersebut dengan beberapa gambar. Para peneliti pun mengaku, ketidakasingan inilah yang menjadi kuncinya.

Wajah dan foto wajah tak bisa dipertimbangkan sebagai wakil salah satu pihak. Hal ini dikarenakan ekspresi wajah bisa berbeda-beda dan dapat mengubah fitur wajah normal.

"Variasi dalam foto individu ini memang membawa perbedaan. Hasil riset ini membuat kami mempertimbangkan lebih dalam soal arti ketidakasingan," tutup peneliti Rob Jenkins dari universitas tersebut. [ikh]

Komentar

 
Embed Widget

x