Kamis, 24 Juli 2014 | 09:03 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Jelang Ramadhan, XL Siapkan Rp7 T untuk BTS Baru
Headline
Inilah.com
Oleh: Billy A Banggawan
Teknologi - Kamis, 5 Juli 2012 | 19:28 WIB

INILAH.COM, Jakarta - Tren yang biasa terjadi di bulan puasa, banyak orang ingin lebih berkomunikasi dengan relasi, kerabat atau sahabat. Melihat hal ini, operator pun bersiap mengantisipasi gangguan yang ada.

"Kami menyiapkan Rp7 triliun untuk pembangunan 10 ribu BTS, baik 2G maupun 3G," kata VP Corporate Communications Turina Farouk di peluncuran XL Xensasi di Jakarta, Kamis (5/7).

Pembangunan BTS ini guna mengantisipasi adanya masalah yang kerap terjadi saat bulan Ramadhan, seperti drop call dan lainnya. GM Network Performance Wira Wiguna memperkirakan, di bulan puasa ini akan terjadi lonjakan trafik 20% hingga 30%.

Untuk masalah suara, Wira mengaku akan mengantisipasi menggunakan teknologi AMR Wide Band 3G dan Global Frequency Returns. Sedangkan untuk SMS, teknologi SMSC dan UMB dipilih untuk mengatasi lonjakan.

Menurut Wira, untuk koneksi 3G, akan dibangun 7 ribu BTS Hot Rod dari total 10 ribu BTS baru yang akan dibangun hingga akhir tahun.

"Jika kurang, mobile BTS juga akan kami kerahkan," katanya.

Wira menyebutkan, titik-titik yang akan mengalami lonjakan diperkirakan di jalur pantai utara Jawa (pantura) yang merupakan jalur mudik. Saat ini, pelanggan XL mencapai 46,4 juta yang 60% atau sekitar 27,9 juta diantaranya aktif menggunakan layanan data.

Selama bulan puasa tahun ini, XL menyebar 4 juta SIM Card Xensasi dan diharapkan, 30% diantaranya menjadi pelanggan baru operator ini. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER