Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 5 Juli 2015 | 03:42 WIB
Hide Ads

Hanya 4% Pengguna Sadar Untuk Melakukan Backup

Oleh : Billy A Banggawan | Kamis, 5 Juli 2012 | 18:30 WIB
Hanya 4% Pengguna Sadar Untuk Melakukan Backup
Ist

INILAH.COM, Jakarta - Di era internet seperti saat ini, kehidupan manusia seolah mulai berpindah ke dunia maya. Sayangnya, pengguna terbilang malas lakukan backup manual tiap harinya.

Menurut hasil penelitian Parks Associates pada dua ribu keluarga di AS, kurang dari seperempat pengguna mau melakukan backup s istem. Lebih parah lagi, hanya 4% pengguna yang mau melakukan backup secara manual tiap harinya.

"Backup data, terutama dari jejaring sosial merupakan ide menarik. Pengguna harus menyadari pentingnya mengamankan aset digital dalam bentuk apa pun dan di mana pun disimpan," kata Bratt Sappington dari Parks Associates di peluncuran Seagate Backup Plus di Hotel Shangri-La Jakarta, Kamis
(5/7).

Diketahui, total informasi digital sendiri di dunia mencapai 2,7 zettabytes di mana jumlah ini meningkat hampir 50% dibanding 2011.

"Sembilan puluh persen merupakan video digital, musik dan foto yang banyak diunggah pengguna," kata Wakil Presiden Senior dan Direktur Pelaksana Seagate Asia Pasifik dan Jepang, BanSeng The.

Ia mencontohkan, jika dulu orang menggunakan kamera digital dan mengunggahnya ke jejaring sosial. Kini, tren mengarah ke penggunaan kamera ponsel dan langsung diunggah ke jejaring sosial.

"Terlebih lagi, saat ini ada lebih dari 50% pengguna internet mengakses jejaring sosial Facebook," lanjutnya.

Saat ini, kurang dari 13% data disimpan di sistem komputasi awan atau cloud dan jumlah ini akan bertambah dalam kurun lima tahun mendatang. Survei Seagate sendiri pada 2.205 orang di AS menunjukkan, 54% warga berelasi dengan orang yang pernah kehilangan data.

Selain itu, lebih dari 27% mengaku pernah mengalami kehilangan sendiri dan 97% responden memiliki komputer. Diketahui, hanya 11% selalu melakukan backup data dan 10% melakukan backup harian.

"Karenanya, pengguna butuh memastikan keamanan data mereka, baik di cloud maupun di hard drive," katanya. [ikh]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.