Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 12:20 WIB
Hide Ads

Mendeteksi Alien di Mars dengan Hidrogen & Metana

Oleh : Nur Ikhsan Suryakusumah | Rabu, 4 Juli 2012 | 01:10 WIB
Mendeteksi Alien di Mars dengan Hidrogen & Metana
DiscoveryNews

INILAH.COM, Christchurch - Para ilmuan dari University of Canterbury, Selandia Baru menemukan cara baru mendeteksi keberadaan alien di Planet Mars, terutama yang berbentuk mikroba.

Dikutip dari DiscoveryNews, cara itu dikembangkan berdasarkan rasio produksi metana dan hidrogen yang ada di Mars lewat hidrolisis olivin atau serpetinisasi.

Proses itu terjadi di Bumi pada saat mineral olivin bereaksi dengan air menghasilkan serpentina di sekitar wilayah ventilasi hidrotermal.

Tim yang dipimpin Dr Christopher Oze melakukan tes serpentinisasi dalam skala laboratorium. Ia mengukur rasio hidrogen dan metana yang dihasilkan. Hasil uji ini merepresentasikan rasio hidrogen dan metana, dengan kondisi tak ada makhluk hidup.

Dalam website resmi tim peneliti ini dikatakan, Dr Oze mengukur rasio hidrogen dan metana secara alami, yang merepresentasikan hasil proses serupa saat ada makhluk hidup.

Kedua hasil itu kemudian dibandingkan, dan ternyata terdapat perbedaan di antara kedua hasil. Jika ada kehidupan, maka kelimpahan metana lebih besar.

"Eksperimen ini memberikan momen ketika kita akhirnya menyadari bahwa metode ini bisa digunakan untuk mencari adanya kehidupan di planet lain selain di Bumi," jelas Dr Oze.

Dengan cara ini, menurut Dr Oze, pencarian kehidupan di planet Mars akan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Manusia di Bumi cukup mengirim robot dengan perangkat yang mampu menganalisis rasio hidrogen dan metana untuk mendeteksi keberadaan alien di planet merah tersebut. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with