Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 4 September 2015 | 02:11 WIB
Hide Ads

Pertamina Luncurkan Pelumas Dengan Nano Guard

Oleh : Billy A Banggawan | Sabtu, 30 Juni 2012 | 14:44 WIB
Pertamina Luncurkan Pelumas Dengan Nano Guard
inilah.com/Billy A. Banggawan

Jakarta - Untuk membuat pelumas yang mampu membuat mesin mobil 'sehat' dan anti berisik, dibutuhkan formulasi khusus. Bermodal bahan terbaik dunia, pelumas ini pun terlahir.

"Bermodal 90% minyak sintetis grup 3 yang merupakan bahan terbaik di dunia, maka pelumas ini terlahir," kata Product Development Specialist Pertamina Mia Khrisna di peluncuran pelumas Fastron Techno SAE 10W40 API SN di Jakarta, Sabtu (30/6).

Menurutnya, kelebihan pelumas ini memiliki Nano Guard yang dapat melindungi bagian tersempit dari mesin. Nano Guard lebih kecil dari molekul sehingga membuat mesin kendaraan terasa selalu baru dan juga menghemat bahan bakar.

Pereli nasional Rifat Sungkar yang sudah menguji pelumas ini mengaku, saat mobil berada di kecepatan tinggi dan suhu tinggi, mesin tidak drop dan konsisten terus berjalan.

"Keunggulan viskositas 10W40 putaran mesin yang saya rasakan. Di altitude tinggi biasanya power mesin drop, tapi yang saya rasakan justru sangat stabil." ujar Rifat yang juga merupakan pereli Pertamina Fastron World Rally Team yang turun di ajang World Rally Championship (WRC).

"Friksi yang terjadi pada mesin menjadi lebih sedikit dan secara konsisten tetap terasa di setiap rpm," lanjut Rifat..

Sementara itu, Retail Marketing Manager Lubricant Business Unit Pertamina Syafanir Sayuti menyebutkan, pelumas ini sudah diekspor di 21 negara.

"Ekspor terbesar ke Singapura, Australia, China dan Jepang," katanya.

Lebih lanjut, Syafanir menerangkan mengenai harga Fastron Techno SAE 10W-40 API SN yang berkisar antara Rp60-65 ribu perliter.

"Di tahun ini, kami berharap untuk menguasai 20-25% pasar di segmen kelas kendaraan premium," ungkapnya.

Meski membidik kelas premium, pelumas ini juga bisa digunakan mobil-mobil selain kelas premium.

Selain Fastron Techno SAE 10W-40 API SN, Pertamina juga memiliki varian pelumas dengan viskositas lebih encer seperti Fastron Gold SAE 5W30 API SN.

Sedangkan pelumas dengan viskositas lebih kental dapat ditemukan di produk Fastron Techno SAE 15W-50 API SL dan Fastron Diesel 15W-40 API CI-4. [ikh]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.