Senin, 24 November 2014 | 08:02 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Studi Yahoo! TNS Net Index
Internet Sudah Menjadi Media Terbesar di Indonesia
Headline
IST
Oleh: Billy A Banggawan
Teknologi - Selasa, 26 Juni 2012 | 17:17 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Jangkauan internet per bulan kini menduduki posisi kedua setelah televisi. Liburan dan hiburan tetap menjadi inti dari semua kegiatan online.

Sementara itu, perangkat ponsel berhasil menjadi penyumbang utama perkembangan popularitas internet di Indonesia. Hal ini terungkap dari hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index yang diungkap ke media massa.

"Internet berhasil menjadi media terbesar di Indonesia. Konten ringan dan hiburan menjadi pendorong pertumbuhan ini," ungkap Head of Insight untuk India dan Asia Tenggara, David Jeffs di media briefing Yahoo! Indonesia di Jakarta, Selasa (26/6).

Jeffs meramalkan, dalam tiga tahun mendatang, akan ada 16 juta pengguna internet baru yang muncul.

"Pengguna baru ini sebagian besar menggunakan perangkat mobile," katanya.

Selain itu, hasil studi ini memastikan bahwa Indonesia merupakan pangsa pasar internet tertinggi di Asia Tenggara dengan jumlah pengguna internet aktif sebanyak 35 juta pengguna.

Di kesempatan yang sama, Country Ambassador and Sales Director Yahoo! Indonesia, Roy Simangunsong mengungkapkan bahwa di Indonesia, pengguna internet memang di kota-kota besar.

"Namun kota-kota besar tingkat dua, seperti Semarang, Palembang dan Makasar akan menjadi pendorong makin maraknya penggunaan internet," jelasnya.

Hal tersebut karena pertumbuhan pengguna di kota besar tingkat satu tak setinggi kota besar tingkat dua. Selain itu, hal ini disebabkan pengguna di kota besar sudah lebih melek teknologi.

Hasil studi juga mengungkap fakta posisi ponsel pintar mulai menggeser peran warnet sejak tahun lalu dan 62% pengguna internet di Indonesia, mengakses internet melalui ponsel pintar atau smartphone.

Hasil studi ini juga mengungkap, rata-rata waktu akses internet para pengguna ini juga mengalami peningkatan. Pada 2011, akses internet lewat ponsel pintar hanya selama delapan jam per pekan. Namun kini di 2012, lama akses bertambah menjadi 10 jam per pekan.

"Hal ini tak luput dari peningkatan signifikan ponsel pintar di Indonesia yang mencapai 20%. Artinya, pengguna mulai menghabiskan waktu untuk akses internet, mencari konten dan informasi lewat ponsel," papar Roy.

Tak hanya itu, diketahui ada pergeseran grup pengguna, pengguna usia 30-50 tahun ternyata sudah ikut menggunakan internet dengan peningkatan mencapai 52% dibanding empat tahun lalu yang hanya 13%.

Hasil studi tahunan Yahoo! TNS Net Index ini berdasarkan survei pada 3.365 responden umum dan 1.762 responden internet di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang, Palembang, Makasar, Yogyakarta dan Denpasar pada Desember 2011 hingga Januari 2012. [ikh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER