Jumat, 31 Oktober 2014 | 19:42 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Arkeolog Klaim Temukan Kerangka Yohanes Pembaptis
Headline
foxnews.com
Oleh: Billy A. Banggawan
Teknologi - Senin, 18 Juni 2012 | 11:29 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, London – Para peneliti dari Universitas Oxford menduga kuat bahwa kerangka yang ditemukan di Bulgaria berasal dari orang yang membaptis Yesus.

Para peneliti ini menduga, tulang itu milik Santo Yohanes Pembaptis atau di sana dikenal dengan sebutan Saint John The Baptist. Hal tersebut memang belum ada yang memastikannya, namun peti mayat yang ada bertuliskan nama dan tanggal kelahirannya, 24 Juni.

Hasil uji radiokarbon terbaru pun menunjukkan, kerangka ini berasal dari awal abad pertama yang sejalan dengan isi Al Kitab dan sejarah Yahudi tentang kehidupan Yohanes Pembaptis. Demikian dikutip dariFoxNews.

Penelitian yang dipimpin Dr Hannes Schroeder dariUniversitas Oxford itu mengatakan bahwa mereka masih akan terus meneliti lebih lanjut untuk membuktikan kebenaran bahwa tulang tersebut memang milik Yohanes atau bukan.
Sebelum penemuan ini, beberapa pecahan tengkorak kepala, tulang rahang dan lengan, serta beberapa gigi telah diketemukan di balik lantai altar gereja kuno di salah satu pulau di Laut Hitam. Diyakini, tulang-tulang itu milik Yohanes.
Memang sesaat setelah Yohanes dikuburkan, Raja Herodes Antipas (raja yang membunuh Yohanes) menyebarkan beberapa bagian tubuhnya ke banyak tempat.
Hingga saat ini, banyak tempat mengklaim telah memiliki beberapa bagian dari tubuh Yohanes. Contohnya adalah Gereja San Sivestro, Roma, Italia. Gereja ini mengatakan bahwa pihak gereja mempunyai tengkorak bagian belakang dari Yohanes.
Pihak Topakapi Palace, Istanbul, Turki juga mengatakan bahwa mereka mempunyai tulang tangan kiri dan tengkorak sebelah atas dari Yohanes. Sebuah gereja di Prancis bernama Amiens mengklaim telah menyimpan tengkorak bagian muka Yohanes yang dibawa dari Constantinople, Turki.
Uniknya, terdapat empat tempat yang mengklaim mempunyai tengkorak Yohanes, yaitu di Istana Raja Bavaria, museum di Munich, Jerman, sebuah masjid di Damaskus, dan St. Sylvester, Roma, Italia. [ikh]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER