Sabtu, 29 November 2014 | 05:44 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Perang Facebook Vs Yahoo! Kian Seru
Headline
IST
Oleh: Ahmad Taufiqqurakhman
Teknologi - Kamis, 5 April 2012 | 09:59 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pertarungan hak paten teknologi antara Yahoo! dan Facebook nampaknya semakin seru, karena kedua perusahaan sudah saling menuntut. Facebook sepertinya tidak ingin takluk dari kasus hak paten dengan menuntut balik pihak Yahoo!.

Tuntutan Facebook ini hadir beberapa pekan setelah Yahoo! mengklaim bahwa mereka telah melanggar 10 paten teknologi yang meliputi periklanan online, kontrol privasi dan jejaring sosial.

Facebook sendiri menyangkal tuduhan Yahoo! dan menuduh balik bahwa Yahoo! juga melanggar 10 paten milik mereka yang meliputi photo-tagging, periklanan online, rekomendasi online, dan lain-lain. Perselisihan ini pun semakin meluas sebagaimana Facebook kini juga tengah mempersiapkan saham Initial Public Ofering (IPO) mereka dalam waktu beberapa pekan ke depan.

Sebelumnya pihak Facebook tidak tinggal diam dalam menghadapi tuntutan Yahoo!. Karena mereka sudah melakukan sejumlah persiapan. Facebook mengkonfirmasi bahwa mereka baru saja kembali membeli paten-paten milik IBM, untuk memperkuat posisi mereka dalam perang hak paten saat ini.

Pihak Facebook membeli sekira 750 hak paten software dan jaringan, dua pekan setelah Yahoo! menuntut bahwa Facebook memakai 10 paten mereka. Meskipun begitu, pihak Facebook belum berani mengkonfirmasi pembelian paten yang dilakukan, sebagai persiapan hadapi tuntutan Yahoo!.

"Saya bisa mengkonfirmasi bahwa memang ada pembelian, namun saya tidak memiliki informasi detil lainnya untuk dibagikan," ujar Larry Yu, jurubicara Facebook. Sama halnya seperti pihak IBM, yang juga tidak memberikan komentar resmi terhadap pembelian paten tersebut.

Yahoo! menuntut Facebook karena dianggap telah melanggar 10 paten teknologi miliknya. Surat tuntutan tersebut diisi di pengadilan District Court di San Jose, California. Beberapa paten yang menurut Yahoo! telah dilanggar adalah news feed, perpesanan, tampilan iklan, kendali privasi dan fitur pencegah penipuan.

"Facebook belum diluncurkan sebelum 2004, 10 tahun sejak berdirinya Yahoo!. Facebook kini telah tumbuh sebagai sebuah perusahaan yang besar, namun banyak paten teknologi Yahoo! yang digunakan oleh mereka," ujar pihak Yahoo!, kala melayangkan tuntutannya.

Tuntutan yang dilakukan Yahoo! tersebut mungkin bakal sedikit mengganggu Facebook, sebagaimana mereka sedang berencana melakukan IPO pada Mei tahun ini. Kita lihat ke depannya, seperti apa 'serunya' perselisihan antar dua perusahaan teknologi raksasa ini. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER