Find and Follow Us

Minggu, 8 Desember 2019 | 23:33 WIB

Game Zynga Kian Lebarkan Sayap

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Senin, 12 Maret 2012 | 14:45 WIB
Game Zynga Kian Lebarkan Sayap
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Setelah sebelumnya Zynga mulai 'terbuka' dengan keluar dari Facebook, kini mereka pun semakin memperluas ekspansi mereka. Seperti apa?

Sebelumnya Facebook memang merupakan satu-satunya platform untuk game-game sosial keluaran Zynga. Kemudian Zynga membuat situs sebagai platform sendiri. Kini Zynga merambah beberapa platform baru.

Zynga baru mengungkap tiga rekan terbaru mereka sebagai platform game-gamenya seperti Rebellion dan Playdemic yang salah satunya adalah Konami. Ke depan mungkin Konami akan merilis game-game di platform Zynga. Setidaknya Rob Dyer, Vice President Zynga sudah mengatakan hal tersebut.

Situs Zynga.com ke depannya bakal memiliki setidaknya 11 game sosial di platform-nya. Enam di antaranya asli besutan Zynga (CityVille, Words with Friends, Hidden Chronicles, CastleVille, and Zynga Poker) dan enam sisanya dari pihak ketiga (Row Sham Bow, Mob Science, Sava Transmedia dan lain-lain).

Tentu langkah yang dilakukan Zynga ini demi memperluas jaringan distribusi ke penggunanya di seluruh dunia. Zynga memang besar atas jasa Facebook, banyak dari game-game sosial besutan mereka terkenal karena ditaruh diplatform Facebook. Tapi kini mereka berpisah?

Kini Zynga meluncurkan Zynga.com. Situs tersebut tidak hanya akan menjadi situs korporat, tapi juga bakal menjadi platform untuk memainkan game-game sosial mereka. Situs yang akan online dalam waktu beberapa hari ke depan tersebut, akan menampilkan sejumlah game seperti Word With Friends, CastleVille, Zynga Poker, Hidden Chronicles dan CityVille.

Untuk pengembangan berbagai game di platform tersebut, Zynga bekerjasama dengan firma MobScience, Row Sham Bow dan Sava. Selain itu, situs tersebut juga bakal disisipi Social Stream; fitur yang memungkinkan pengguna berbagi dengan teman-teman secara real-time.

"Kami membangun Zynga.com untuk melengkapi apa yang kami sudah dapat di Facebook," ujar Mark Pincus, CEO Zynga. "Di Zynga.com, para pengembang juga dapat menambah game mereka. Lalu di akhir tahun, kami juga akan membuat platform tersebut tersedia untuk semua pengembang game Zynga," pungkas Pincus.

Mengapa Zynga seperti ingin 'lepas' dari Facebook? Padahal sampai sejauh ini pencapaian mereka di platform tersebut masih bagus, bahkan cenderung meningkat. Zynga saat ini telah memiliki sekira 227 juta pengguna tiap bulannya, melalui game-game andalannya macam CityVille, FarmVille dan Word With Friends.

Firma pembuat game FarmVille dan CityVille ini memang telah membangun tim berpengalaman serta infrastruktur untuk merespon perkembangan yang masif tersebut. Selain tim Zynga juga mengetahui jenis-jenis game yang pengguna inginkan, terutama pada simulasi kasual dan mereka bertaruh besar pada sektor tersebut.

Perusahaan berlogo anjing bulldog tersebut terus memperkerjakan banyak desainer game berpengalaman ke dalam perusahaan mereka, yang terus membantu agar game-game lama bisa lebih 'awet' dan melahirkan game-game baru.

Selain itu Zynga juga berhasil 'menguangkan' game-game yang dimainkan oleh pengguna mereka. Sampai saat ini Zynga tetap mendominasi di Facebook. Lima game social teratas di Facebook tetap dipegang oleh mereka. Zynga juga terus menambah jumlah pengguna mereka di sektor mobile. [mdr]

Komentar

Embed Widget
x