Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 14:12 WIB

Daihatsu Bangun Pabrik Transmisi Matik di Malaysia

Oleh : Bachtiar Abdullah | Jumat, 9 Maret 2012 | 14:52 WIB
Daihatsu Bangun Pabrik Transmisi Matik di Malaysia
IST
facebook twitter

Daihatsu Bangun Pabrik Transmisi Otomatis di Malaysia

INILAH.COM, Seremban - Daihatsu Motor Co Ltd akan mulai membangun pabrik Transmisi Otomatis Elektronik (EAT) yang pertama di Asia Tenggara, bernilai RM220 juta di Bandar Baru Sendayan, Negeri Sembilan, Malaysia pada pertengahan bulan ini.

Menurut Berita Harian kemarin (8/3), pabrik ini sekaligus akan menjadikan negara ini sebagai pengumpan (hub) komponen otomotif kendaraan tertua asal Jepang ini. Daihatsu Motor Co Ltd menjadi pemegang saham utama pabrik ini serta mitra penting dalam kerjasama teknologi dan teknikal dengan Perodua (Perusahaan Otomobil Kedua) Sdn Bhd.

Pembangunan pabrik ini dilaksanakan oleh Akhasi-Kikai Industry Sdn Bhd, yang membeli tanah dari Perbadanan Menteri Besar dan BSS Development. Pabrik ini diperkirakan akan siap beroperasi pada Desember tahun ini.

Akashi-Kikai Industry Malaysia adalah perusahaan penanaman modal asing yang sahamnya dimiliki oleh Akashi-Kikai Industry sebanyak 51 persen, Daihatsu 39 persen dan Perodua 10 persen.

Menurut Menteri Besar Negeri Sembilan Datuk Seri Mohamad Hasan, pabrik akan memproduksi 150.000 unit EAT setahun untuk melengkapai transmisi otomatis model Daihatsu Myvi dan Azla.

"Dengan pabrik ini, saya berharap banyak perusahaan Jepang yang datang membangun pabrik di sini, sekaligus menjadikan Bandar Baru Sendayan sebagai pusat pabrik utama," kata Datuk Seri Mohamad Hasan, seusai menandatangani jual beli tanah antara Menteri Besar Negeri Sembilan dan BSS dengan Akashi-Kikai di Seremban, tadi malam.

Pabrik transmisi otomatis ini setidaknya akan menciptakan 200 lapangan kerja baru bagi penduduk lokal. Pihak Daihatsu memilih Negeri Sembilan sebagai pabrik pertama di Asia Tenggara karena infrastrukturnya yang menarik, selain karena dekat dengan jalan tol dan lapangan terbang.

Dalam waktu dekat Daihatsu akan menyuplai kebutuhan transmisi otomatik pabriknya di Malaysia, namun di masa mendatang diperkirakan akan memasok ke pabrik-pabrik mobil lain di luar negeri. [mdr]

Komentar

x