Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 21:36 WIB

Pakar Bedah Cara Lacak Blog Pembunuh Bayaran

Oleh : Billy A. Banggawan | Jumat, 9 Maret 2012 | 14:11 WIB
Pakar Bedah Cara Lacak Blog Pembunuh Bayaran
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Pakar membedah cara melacak situs blog kontroversial yang menawarkan jasa pembunuhan. Ada dugaan, situs ini hanya sekadar hoax. Bagaimana?

Pakar telematika Agung Harsoyo mengatakan, "Adanya kontak di situs seperti mengindikasikan situs ini hoax." Jika ternyata situs ini benar, maka, menurut pakar dari ITB ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan guna melacaknya.

Lokasi pembuat situs hitmanindonesia.wordpress.com, indobelati.blogspot.com, dan jasapembunuhbayaran.blogspot.comini bisa diketahui melalui hosting yang digunakan, dari Indonesia atau luar negeri. Namun, ia mengakui, ada kelemahan dalam hal ini.

"Hosting gratis yang ada biasanya memiliki proses pendaftaran sederhana dan ini membuat data pendaftaran yang masuk belum tentu kebenarannya. Untuk hosting luar, pelacakan bisa lebih rumit lagi," katanya saat diwawancara INILAH.COM via telepon.

Selain dari hosting, pelacakan juga bisa dilakukan melalui log yang ada di hosting. "Dari log ini, data mengenai lokasi akses, kapan mengakses dan mengupdate situs bisa diketahui," ungkapnya.

Jika ternyata orang di balik situs ini membuat situs di warnet, pelacakan lokasi masih bisa dilakukan namun untuk mengetahui siapa pengguna PC di warnet itu yang sulit dilakukan, katanya.

Untuk nomor kontak yang ada di situs itu sendiri bisa mengindikasikan hoax. "Bisa saja orang di balik situs ini menggunakan kartu prabayar di mana untuk registrasi kartu ini sendiri, pengguna bisa memasukkan alamat palsu dan pelacakan pun sulit dilakukan," tutupnya.

Tim gabungan Polrestabes Bandung dan Polda Jabar yang juga terus melakukan pelacakan, mengaku telah mendeteksi lokasi pemilik blogini. "Kami sudah mendeteksi, intinya pemilik blog berasal dari luar Bandung," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Abdul Rakhman Baso didampingi Kasatreskrim AKBP Wijonarko di Mapolrestabes Bandung, Kamis (8/3).

Komentar

x