Find and Follow Us

Minggu, 17 November 2019 | 20:26 WIB

Kembangan Bisnis Baru, XL Bikin Proyek 'Awan'

Oleh : Billy A. Banggawan | Jumat, 9 Maret 2012 | 11:32 WIB
Kembangan Bisnis Baru, XL Bikin Proyek 'Awan'
inilah.com/Billy A. Banggawan
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (XL) resmikan kerjasama di proyek pengembangan layanan komputasi awan dengan enam mitra bisnis. Ini dilakukan untuk pengembangan bisnis baru.

Kerjasama ini antara XL dengan Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech, Mandawani, dan Microsoft.

Direktur Teknologi, Content & New Business XL Dian Siswarini mengatakan, "Hal ini dilatari permintaan layanan data yang terus tumbuh dan salah satu peluang bisnis di layanan data berkualitas ada di bisnis solusi komputasi awan."

Bersama-sama mitra yang digandeng, XL mengaku miliki kekuatan di sisi merek dan jumlah pelanggan, sinergi dengan semua mitra diharapkan bisa menangkap peluang di bisnis komputasi awan ini.

Ketakutan ketidakamanan data yang disimpan di solusi komputasi awan memang sering didengar dan melalui kolaborasi ini, XL dan mitra berkomitmen membangun ekosistem komputasi awan di Indonesia dan tantangan yang ada diklaim akan lebih ringan dan hasilnya diyakini lebih efektif.

Fujitsu, Huawei, IBM, Intratech dan Mandawani yang memberi dukungan di Infrastructure as a Services (IaaS) yang nantinya akan dikembangkan ke Platform as a Services (PaaS) atau Software as a Services (SaaS). Sedangkan Microsoft fokus ke layanan Software as a Services (SaaS).

IaaS meliputi penyediaan layanan IT infrastruktur secara terintegrasi. PaaS merupakan layanan dengan XL menyiapkan seperangkat piranti lunak beserta pendukungnya bagi pengembang dan programmer untuk mengembangkan aplikasi.

Untuk SaaS, layanan ini membuat pengguna tak perlu lagi membeli lisensi dan melakukan instalasi untuk sebuah aplikasi. Layanan awan ini akan diluncurkan pada Mei 2012. [mor]

Komentar

Embed Widget
x