Find and Follow Us

Minggu, 17 November 2019 | 16:29 WIB

Penjualan Musik Digital Pecahkan Rekor

Oleh : Ahmad Taufiqqurakhman | Minggu, 8 Januari 2012 | 13:36 WIB
Penjualan Musik Digital Pecahkan Rekor
mashable.com
facebook twitter

INILAH.COM, California - Jaman dulu, musik format fisik mungkin bisa berkuasa. Namun tidak di tahun ini. Musik format digital kini menguasai industri.

Seperti dikutip dari Mashable, Nielsen dan Billboard baru saja meluncurkan laporan Music Industry Report 2011. Menurut laporan ini, penjualan album kini makin membaik sejak 2004 dan penjualan album format digital untuk pertama kalinya mengalahkan penjualan album format fisik.

Informasi ini dikumpulkan dari Nielsen SoundScan, sistem informasi data pelacak penjualan musik, stream, pengunduhan, dan lain-lain. Informasi ini termasuk penjualan album fisik serta data penjualan dari toko-toko besar seperti Amazon.com, Nielsen BDS.

Meski musik industri masih tetap dalam kondisi menurun, namun penjualan album sejak 2010 mungkin sedikit pulih. Apresiasi pada layanan internet dan musik makin membaik.

Pembajakan memang masih tetap ada namun layanan streaming seperti Spotify, Rdio dan Grooveshark, menawarkan alternatif baru untuk mendengarkan musik. [ban/vin]

Komentar

Embed Widget
x