Find and Follow Us

Jumat, 6 Desember 2019 | 13:11 WIB

Satelit NASA Temukan Hal Mengejutkan di Merkurius

Oleh : Billy A. Banggawan | Rabu, 5 Oktober 2011 | 15:03 WIB
Satelit NASA Temukan Hal Mengejutkan di Merkurius
upi.com
facebook twitter

INILAH.COM, Baltimore NASA meluncurkan sebuah pesawat luar angkasa untuk menjelajah Merkurius. Kini temuan baru memaksa adanya perubahan anggapan sebelumnya pada planet itu.

Satelit Messenger NASA menemukan, Merkurius memiliki medan magnet yang memiliki lebih banyak belerang dari perkiraan sebelumnya.

Selain itu, lubang aneh di permukaan planet itu memberi petunjuk pada aktivitas geologi yang terjadi saat ini di planet itu.

Medan magnet planet itu bergeser 483km ke utara ekuator. Hal tersebut menandakan, kocokan cairan besi pada inti Merkurius sedang mengalami dinamika internal yang aneh.

"Ada hal menarik yang kami tak paham sedang terjadi," ujar fisikawan luar angkasa Brian Anderson dari Johns Hopkins University.

Selain itu, Messenger mengungkap depresi kebiruan ada di dalam beberapa kawah planet yang dijuluki lubang.

Kawah itu kemungkinan tercipta akibat hantaman puing luar angkasa. Dibombardir panas matahari, belerang menguap dan membuat baru yang ada luruh dan terciptalah kawah dan hal itu masih terjadi saat ini, katanya.

"Merkurius merupakan planet kecil. Planet ini dianggap seperti bulan namun modifikasi lanskap yang ada nampaknya terjadi baru-baru ini dan hal tersebut menghasilkan fitur spektakuler dan unik," tutupnya seperti ditulis UPI. [mor]

Komentar

Embed Widget
x