Jumat, 31 Oktober 2014 | 19:44 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Inilah Analisa CCTV UFO Mendarat di Citos
Headline
youtube.com
Oleh: Billy A Banggawan
Teknologi - Jumat, 16 September 2011 | 09:53 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Pada 11 September lalu, YouTube digemparkan video tentang obyek asing yang mendarat di Cilandak Town Square (Citos), Jakarta. Ahli pun angkat bicara mengenai kehebohan ini.

Video yang telah mendapat hit sebanyak 116.820 (saat berita ditulis) ini sepintas terlihat sangat nyata terlebih konon terekam dari CCTV Citos. Pengamat telematika Abimanyu Wachjoewidajat pun melakukan analisa pada video beralamat URL http://www.youtube.com/watch?v=9e9SosCqco8 tersebut.

Sekilas terlihat sangat nyata dan orang yang melihat akan percaya karena tampak cukup alami, terlebih adanya sekelompok orang yang seolah melihat benda itu berlarian menuju lokasi. Namun jika diteliti secara telematika, tampak hal janggal.

Melihat obyek-obyek yang ada di lokasi, “Tayangan CCTV itu saya pastikan bukan CCTV,” ujarnya. Hal ini bisa dilihat dari kamera yang digunakan, yakni kamera biasa yang kemudian dibuat hitam putih. Kamera itu sendiri dipasang pada tripod sehingga terkesan steady.

Kemudian, jam yang tampil merupakan Time Counter karena hanya terlihat menit, detik dan millidetik, sedangkan secara normal, “Kamera CCTV bukan menampilkan Time Counter melainkan Time Log berisi jam, menit, detik dan millidetik”.

Selain itu, suatu jaringan CCTV dengan multi node biasanya akan terlihat nomor ID CCTV tersebut namun tidak pada rekaman ini tak terlihat node ID-nya. “Dari sudut pengambilan gambar, baik horizontal maupun vertikal, saya sangat yakin kameraman melakukannya dari koridor lantai 2 Citos arah toilet”.

Menurut pria yang akrab disapa Abah ini, gambar sinar yang turun hampir sangat natural namun ternyata ada beberapa kejanggalan. Bias sinar berkilau sampai pada beton pembatas pohon paling kiri. “Dengan sudut cahaya yang ada, sewajarnya sinar juga akan terpantul pada pohon di kiri namun ternyata tidak”.

Bias bayangan pada pot pohon berbentuk kotak sedangkan bentuk asli pot bukan kotak melainkan octagonal square atau kotak dengan sudut tidak 90 derajat. Bias sinar UFO yang sedemikian terang, seharusnya saat mendarat terdapat pijaran sinar di lantai dan keselilingnya namun tidak terjadi, dalam realitas hal ini tak mungkin terjadi, lanjutnya.

Cat lantai yang ada terbukti dari jenis yang bisa merefleksikan cahaya, terbukti pada refleksi pohon dan sinar kaca pada lantai, namun ternyata saat UFO turun, cahaya tak terpantul di lantai tempat UFO mendarat.

Di dekat tempat pendaratan UFO, terdapat kaca yang bisa dengan mudah memantulkan cahaya namun saat UFO turun, cahaya tak terpantul, ujarnya. “Mengenai sekelompok orang yang seolah berlarian ke lokasi diduga kuat hanya aktor pada skenario video ini,” tandasnya.

Hal ini terlihat dari smartphone, BlackBerry atau PC, seakan gambar tersebut natural namun jika menggunakan trik khusus untuk menganalisa video, akan tampak kebenaran analisa di atas, katanya. “Bermodal bukti kuat ini, saya yakini video tersebut Hoax,” tandasnya. [mdr]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
4 Komentar
antihoax
Minggu, 18 September 2011 | 11:29 WIB
yach,,tumah cuma hoax..doang..bikin sensasi aja...
rizalolo
Sabtu, 17 September 2011 | 16:44 WIB
walaupun gue juga pengemar ufo dan alien,gue juga ngak percaya itu video pendaratan ufo banyak video hoax dan hanya ingin bikin sensasi kalaupun ada ufo yang mendarat bukan seperti itu pendaratan nya
sukhoi 150
Sabtu, 17 September 2011 | 15:05 WIB
yak ilahhhhhhh.. KAmpung Banget sih... !!! itu UFO buatan Cungkuok.. di jual di pasar Jatinegara !!! goblok !
Harry
Jumat, 16 September 2011 | 14:05 WIB
Walah ini cm orang kurang kerjaan aja yg bikin
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER