Find and Follow Us

Minggu, 17 November 2019 | 19:04 WIB

Bumi Makin Panas, Hewan Hindari Ekuator

Oleh : Nilam Permata | Minggu, 21 Agustus 2011 | 01:05 WIB
Bumi Makin Panas, Hewan Hindari Ekuator
guardian.co.uk
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Perubahan iklim membuat hewan menjauhi ekuator. Mereka memilih tinggal di tempat yang lebih dingin.

Hewan beradaptasi dengan cuaca yang semakin panas dengan cara berpindah-pindah. Contohnya burung Cettia cetti, yang pindah150 km lebih jauh ke utara Inggris.

Diberitakan The Guardian, Departemen Biologi York University menemukan fakta kepindahan mereka ternyata tiga kali lebih cepat daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Perilaku ini juga ditunjukkan oleh burung kuntul dan kupu-kupu, yang mulai masuk Britain dan Edinburgh yang tadinya termasuk kawasan yang mereka hindari karena terlalu dingin. Sekarang mereka ke sana untuk menjauh dari selatan yang sudah dianggap terlalu panas akibat pemanasan global.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnalScienceini juga menyebutkan, ada lebih dari 2.000 bukti yang menunjukkan hewan pindah ke dataran yang lebih tinggi dengan kecepatan 12,2 meter per dasawarsa. Sekarang mereka bergerak menjauhi ekuator menuju kutub dengan kecepatan 17,6 meter per dasawarsa. [mor]

Komentar

Embed Widget
x