Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 15:03 WIB

Kemampuan Matematika Bersifat Bawaan?

Oleh : Nilam Permata | Rabu, 10 Agustus 2011 | 13:28 WIB
Kemampuan Matematika Bersifat Bawaan?
tgdaily.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketrampilan matematika ternyata sudah ada pada anak-anak yang bahkan belum mulai belajar berhitung. Faktor bawaan?

Semua ilmu bisa dipelajari. Walaupun ada benarnya, ungkapan seperti itu rupanya bertentangan dengan hasil riset ahli psikologi, yang mengatakan bahwa skil matematika sudah ada pada anak sebelum mereka mulai belajar berhitung.

Tim psikolog dari Universitas Johns Hopkins mengatakan bahwa kemampuan Approximate Number System (ANS) tiap anak berbeda.

Kemampuan ini menentukan seberapa baik anak memahami, mencerna, dan memperkirakan, misalnya, jumlah orang dalam ruangan atau jumlah apel di pohon. Kemampuan ini tidak hanya dimiliki manusia tapi juga hewan.

Psikolog menguji 200 anak usia empat tahun dengan beberapa tugas yang berhubungan dengan jumlah dan pengukuran. Anak harus melihat titik-titik biru dan kuning yang bergerak cepat di monitor. Kemudian mereka diminta memperkirakan jumlahnya, dan menentukan titik warna apa yang jumlahnya lebih banyak, tanpa perlu menghitung.

Ilmuwan menemukan hasil yang berbeda-beda. Pada usia yang sangat muda dan bahkan belum bisa berhitung, skil dasar ini ternyata berhubungan dengan seberapa cepat anak mampu mencerna pelajaran matematika di sekolah, dan ini mungkin menjelaskan kenapa ada anak yang pintar matematika dan ada yang tidak.

"Studi ini menunjukkan bahwa kemampuan matematis sudah ada pada anak bahkan sebelum mereka mulai belajar berhitung," ujar Melissa Libertus, seperti dikutip dari TGdaily. [mor]

Komentar

Embed Widget
x