Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 21:14 WIB

Gawat! Bencana Alam di Dunia Terus Mengganas

Oleh : Billy A. Banggawan | Jumat, 22 Juli 2011 | 01:08 WIB
Gawat! Bencana Alam di Dunia Terus Mengganas
straitstimes.com/AFP
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Perubahan iklim secara eksponen meningkatkan skala bencana alam. Di saat sama, pejabat senior PBB menyatakan, keamanan dunia juga terancam.

Meski sains hingga kini belum bisa menjelaskan alasan terjadinya pemanasan global, perubahan iklim merupakan suatu kenyataan. Selain itu menurut Direktur Program Lingkungan PBB Achim Steiner, hal ini mempengaruhi semua sektor masyarakat.

Steiner membeberkan skenario terburuk ramalan yang ada, yakni suhu meningkat empat derajat Celsius pada 2060. Di bagian lain seperti dilaporkan Strait Times, ketinggian air laut akan meningkat satu meter pada abad berikutnya.

Saat ini sudah ada banyak ancaman dan jumlahnya terus meningkat, lanjutnya. Tercatat, saat ini Somalia sedang dilanda kekeringan, banjir melanda Pakistan dan implikasi yang muncul berdampak pada pasar makanan.

"Skala bencana alam akan meningkat secara eksponensial," ujarnya.

Sebanyak dua wilayah Somalia Selatan dilanda kekeringan dan dinyatakan dalam keadaan kelaparan pada Rabu (20/7) oleh PBB.

PBB mengakui, peristiwa ini menjadi krisis pangan terburuk di Afrika dalam 20 tahun dan telah mengerahkan upaya membendung situasi ini agar tidak memburuk. [mor]

 
Embed Widget

x