Find and Follow Us

Senin, 16 Desember 2019 | 10:18 WIB

Pigmen Antonio Banderas Ada di Fosil Burung!

Oleh : Nilam P. | Jumat, 1 Juli 2011 | 12:37 WIB
Pigmen Antonio Banderas Ada di Fosil Burung!
Foto : Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Inggris - Peneliti menemukan pigmen Antonio Banderas pada fosil burung yang hidup 120 juta tahun lalu. Pigmen itu masih ada sampai sekarang.

Peneliti Universitas Manchester, Inggris, mengamati fosil Confuciusornis sanctus, burung berparuh pertama yang hidup 120 juta tahun lalu, dan Gansus yumenensis, burung generasi modern yang hidup 100 juta tahun lalu.

Pada fosil kedua burung itu, mereka menemukan sisa molekul pigmen kuno. Saat ini pigmen itu masih ada di beberapa makhluk. Pada manusia, pigmen itu menghasilkan warna coklat pada mata dan menghasilkan warna rambut gelap.

"Saya menyebutnya pigmen Antonio Banderas karena warnanya gelap," ujar Roy A. Wogelius, ahli geokimia Universitas Manchester Inggris.

Penelitian yang dipublikasikan di situs jurnal online Science ini, juga mengatakan, warna fosil burung dan dinosaurus masa lampau berasal dari pigmen eumelanin, yang di dalamnya terdapat sejumlah kandungan logam.

Peneliti melihatnya dengan bantuan sinar-X. Mereka menemukan kandungan logam semacam tembaga, kalsium, dan seng, pada tulang dan bulu fosil. Kandungan itu masih terdapat pada burung zaman sekarang. [mor]

Komentar

Embed Widget
x