Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 14:58 WIB

Cara Instan Pasok Air Bersih ke Negara Berkembang

Oleh : Billy A. Banggawan | Minggu, 26 Juni 2011 | 01:33 WIB
Cara Instan Pasok Air Bersih ke Negara Berkembang
IST

INILAH.COM, Hyderabad Ilmuwan India berhasil menemukan cara cepat dan mudah mendeteksi air bawah tanah. Sejumlah negara berkembang tak perlu khawatir kekurangan air bersih lagi.

Metode temuan para ilmuwan ini memanfaatkan listrik guna membawa pasokan air bersih ke negara berkembang. Peneliti di National Geophysical Research Institute di Hyderabad, India, berjasa atas temuan metode baru ini.

Peneliti ini mengatakan, rekaman pengukuran konduktivitas listrik di medan berbatu sebelum dan sesudah musim hujan bisa mengungkap perbedaan tempat air paling banyak berakumulasi di celah batu bawah tanah.

"Membandingkan data ini dengan pengukuran dan uji geologis lain, wilayah air bawah tanah bisa diketahui tanpa memerlukan pengujian pengeboran tambahan serta penentuan tempat terbaik untuk sumur," tulis peneliti d International Journal of Hydrology Science and Technology.

Data lingkungan bawah tanah umumnya didapat dari sejumlah uji pengeboran atai penyelidikan bukaan bawah tanah. Metode tersebut sangat merusak dan terlalu memakan waktu serta tak selalu memberi lokasi terbaik untuk dijadikan situs sumur air.

"Pendekatan kami sangat cepat dan murah sebagai alat skrining sebelum melakukan uji hidrolik dan pencarian sampel air," tutup tim seperti dilaporkan UPI. [mor]

Komentar

Embed Widget
x