Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 11 Desember 2017 | 07:29 WIB

Ilmuwan Ciptakan Baju Anti Gerah

Oleh : Nilam P. | Jumat, 17 Juni 2011 | 12:30 WIB
Ilmuwan Ciptakan Baju Anti Gerah
media.oregonlive.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Di cuaca panas, Anda akan tetap merasa sejuk jika mengenakan baju ini. Baju ini diciptakan khusus untuk menghadapi musim kemarau.

Pemanasan global membuat orang sering mengeluh kepanasan. Cuaca panas ekstrim di musim kemarau sebenarnya bisa ditangani dengan menyalakan AC atau kipas angin. Tapi itu hanya berlaku di dalam ruangan. Kalau Anda ke luar, tetap saja akan kepanasan.

Untuk mengatasinya, Columbia menciptakan jaket dan sepatu khusus. Namanya Omni Freeze Ice.

Pakaian ini terbuat dari serat khusus, yang jika bahannya bisa menyerap panas tubuh jika menyentuh permukaan kulit. Pada saat basah (oleh air atau keringat), seratnya akan aktif menurunkan suhu pakaian serta orang yang memakainya.

Tingkat dinginnya tergantung kelembapan kulit dan kuat-tidaknya hembusan angin di sekitar kita. Saat kita bergerak, baju ini juga terasa lebih dingin dibanding saat diam.

Bahkan jika kita mengaduk material serat itu ke dalam segelas air, air itu akan berubah jadi es. Itu karena bahan kimia yang terdapat dalam serat. Kemampuan pendingin itu tidak berlaku selamanya, tapi bisa bertahan selama 50-70 kali pencucian.

Tapi sayang, jika Anda butuh baju itu sekarang, Anda belum bisa mendapatkannya karena produsen Omni Freeze Ice baru akan menjualnya pada 2012. [mor]

Komentar

 
x