Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 30 Mei 2015 | 17:14 WIB
Hide Ads

Inilah Primata Terkecil di Dunia

Oleh : Billy A. Banggawan | Rabu, 8 Juni 2011 | 17:05 WIB

Berita Terkait

Inilah Primata Terkecil di Dunia
dailymail.co.uk

INILAH.COM, Madagascar Dalam kurun 11 tahun terakhir, terdapat lebih dari 600 spesies baru ditemukan di Madagascar. Diantaranya, kukang yang diklaim menjadi primata terkecil dunia.

Ahli flora dan fauna Worldwide Foundation (WWF) mengidentifikasi lebih dari 615 spesies baru di Madagascar dari pengamatan 1999-2010. Spesies itu termasuk, 41 mamalia, 385 tanaman, 69 amfibi, 61 reptil, 17 ikan dan 42 hewan tak bertulang punggung.

Salah satu temuan yang utama ahli itu adalah, Microcebus Berthae, lemur 10 cm yang ditemukan pada 2000 lalu. Hewan ini disebut sebagai primata terkecil dunia. Selain itu, para ahli juga menemukan tanaman palem Tahina (Tahina Spectabilis), palem kipas besar yang hanya berbunga sekali seumur hidup.

Ahli juga menemukan laba-laba emas Komac (Nephila Komaci) yang mampu memintal jaring emas sepanjang lebih dari satu meter. Namun seperti dikutip Daily Mail, WWF mengklaim masa depan spesies baru eksotis itu masuk daftar terancam.

Pasalnya, kerusakan hutan kian meluas. Berdasarkan data WWF, satu juta hektare hutan Madagascar hilang dalam 20 tahun terakhir. Terlebih saat politik kian memanas akibat kudeta Maret 2009, puluhan ribu hektar hutan dijarah demi mendapat kayu.

Meski begitu WWF berkeras terus mengusahakan lingkungan aman untuk spesies tersebut.

"Terbukti, Madagascar memiliki ekosistem unik dan tak tergantikan," ujar penasihat konservasi senior WWF Inggris Mark Wright.

WWF bekerja keras membangun area perlindungan di Madagascar serta mempromosikan alternatif lingkungan hidup yang bisa membantu penduduk Madagascar hidup harmonis di tengah alam. [mor]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.