Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 07:18 WIB

Waspada, Penipuan My Total Facebook View Marak

Oleh : Ellyzar Zachra PB | Minggu, 23 Januari 2011 | 12:07 WIB
Waspada, Penipuan My Total Facebook View Marak
Foto: Istimewa
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Sebuah penipuan baru yang menarik ego sekaligus insting pengguna internet marak di Facebook. Scam itu bernama My Total Facebook View. Bagaimana caranya?

Sebuah aplikasi yang muncul dengan berbagai nama, termasuk ProfileSpy dan Pro Check, mengklaim diri bahwa mereka mampu memberikan informasi soal berapa banyak orang yang telah melihat profil seseorang jika pengguna mengisi survey pendek dan memberikan izin kepada aplikasi itu untuk mengakses informasi pengguna.

Penipuan ini muncul di jejaring sosial via perbatuan status, temasuk menyertakan link ke layanan mencurigakan dengan teks berbunyi, "Total pengunjung Facebook saya adalah 1.245. Temukan totap pengunjung Facebook Anda."

Karena kebingungan dengan banyaknya informasi itu di halaman depan Facebook maka banyak pengguna tertipu dengan layanan palsu.

Ahli memperingatkan masyarakat untuk tidak tertipu dengan aplikasi tersebut. Setelah pengguna mengisi survei, maka muncul jumlah pengunjung profil. Namun ini hanyalah tipuan. Pada akhirnya, data pribadi yang Anda isi di Facebook akan mereka manfaatkan.

"Semua pengalaman profil Anda yang terkena malware atau aplikasi yang secara tidak langsung mengambil seluruh data pribadi, membuat Anda lebih rentan penipuan di masa depan," tulis All Facebook. [mor]

Tags

Komentar

 
x