Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 12:19 WIB

Steve Jobs Absen, Apple Diserang Sony, Samsung

Oleh : Billy A Banggawan | Kamis, 20 Januari 2011 | 14:02 WIB
Steve Jobs Absen, Apple Diserang Sony, Samsung
Steve Jobs - Foto: Istimewa
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta Karena masalah kesehatan, Steve Jobs absennya dari Apple. Hal ini berpotensi dimanfaatkan pesaingnya untuk menyerang. Samsung dan Sony dianggap dapat mengeksploitasinya.

Jobs selalu dihubungkan dengan kesuksesan Apple. Apple berhasil merilis gadget-gadget sukses seperti iPod, iPhone dan iPad. Kini, Steve Jobs sedang mengambil cuti dan Apple rentan diserang pesaingnya dari Asia.

Saat ini, vendor Asia merupakan lawan berat Apple. Di sisi lain, Apple banyak menyewa produsen asal Asia guna menyukseskan produk-produknya. Analis menilai, tanpa Jobs Apple akan kewalahan melawan saingannya seperti Sony atau Samsung.

"Saya menilai Sony akan berinisiatif membuat langkah strategis (dalam situasi ini)," ujar analis SMBC Friend Securities Hiroshi Sakai.

Selain Sony, Samsung juga dipandang berpotensi melakukan hal serupa Sony.

Hal ini diperkuat dengan lamanya cuti Jobs dan Apple kurang berinovasi sehingga konsumen mulai beralih ke produk lain. Samsung disebut-sebut sebagai pesaing terberat Apple saat ini.

Perusahaan ini berkompetisi di pasar tablet hingga smartphone. "Apple sangat tergantung pada Steve Jobs. Jika cuti Jobs berlanjut, kekhawatiran mengenai masa depan Apple akan menjadi isu jangka panjang. Samsung memiliki banyak celah melakukan serangan," kata analis senior Shinhan Investment Corporation Ha Joon-Doo. [mor]

 
x