Selasa, 16 September 2014 | 07:51 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Terpecahkan Misteri UFO di Kutub
Headline
istimewa
Oleh:
Teknologi - Kamis, 4 Juni 2009 | 07:34 WIB
Berita Terkait
INILAH.COM, Jakarta - Pada akhir April 2009, astronot di atas stasiun ruang angkasa internasional menemukan area lingkaran aneh di selatan Danau Baikal di Siberia. Lingkaran es berdiameter 4,4 km itu menjadi misteri dan dihubungkan dengan alien.

Namun ilmuwan menjelaskan misteri lingkaran itu ditimbulkan oleh gas methana dari dasar danau. Gas methana bisa menyebabkan naiknya air hangat, yang akhirnya membentuk pola lingkaran karena tekanan Coriolis. Rotasi bumi juga membantu munculnya bentuk lingkaran itu.

"Saat massa air mencapai di bawah es, air hangat melelehkan es dan membentuk cincin," kata Marianne Moore dari Wellesley College di Massachusetts yang mempelajari Danau Baikal bersama peneliti Rusia.

Danau itu memiliki volume terbesar dan terdalam yang ada di bumi. Pola cincin itu berukuran 4,4 km meskipun kini sudah berubah menjadi air. Astronot mengidentifikasi lingkaran seperti itu pada 1985 dan 1994, satelit juga menangkap tanda serupa.

Fenomena ini bukan hal baru bagi pemerintah Rusia yang sudah mendokumentasikan di situs kementrian sumber daya alam. Kementrian sumber daya alam Rusia mengingatkan emisi gas alam sering terjadi di danau Baikal. Dan emisi seperti itu membuat lingkaran es setiap beberapa tahun.[ito]
Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
1 Komentar
sholin
Sabtu, 24 Oktober 2009 | 10:49 WIB
dari mana asal ufo itu
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER