Rabu, 22 Oktober 2014 | 19:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Hebat Mana Senjata Korsel/Korut dengan Indonesia?
Headline
Foto: Istimewa
Oleh: Billy A Banggawan
Teknologi - Kamis, 25 November 2010 | 11:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Korea Selatan dan Korea Utara baru-baru ini terlibat perang. Lalu seberapa hebat senjata kedua negara itu dibandingkan Indonesia?.

Jumlah tentara

Indonesia memiliki 581 ribu tentara aktif. Sedangkan Korea Selatan memiliki 687 ribu tentara aktif, dan 28 ribu bantuan tentara dari Amerika Serikat (AS). Untuk Korea Utara, negara ini memiliki 1,19 juta tentara aktif.

Senjata Konvensional

Indonesia memiliki 1.815 kendaraan tempur dan helikopter sebanyak 145 unit. Selain itu, ada 29 kapal perang, 31 kapal patroli, dan 2 kapal selam. Untuk pesawat tempur, Indonesia memiliki 50 unit pesawat tempur, 69 unit pesawat angkut.

Korea Selatan memiliki 2.750 tank tempur utama, dan 2.780 personel lapis baja. Selain itu, negara ini juga memiliki 10.470 artileri termasuk 1.089 artileri otomatis, dan 3.500 manual. Korea Selatan juga memiliki 185 peluncur roket. Selain itu, Korea Selatan juga memiliki 140 kapal perang.

Korea Utara memiliki 4.100 tank, dan lebih dari 2.500 personil lapis baja. Kebanyakan alat berat militer ini berasal dari Uni Soviet dan butuh modernisasi. Misalnya, tank T-54, tank ini masih menjadi tank tempur utama Korea Utara di mana negara lain sudah memensiunkan tank ini sejak 1970-an. Selain itu, negara ini memiliki lebih dari 17.900 artileri, termasuk 4.400 artileri otomatis, 2.500 peluncur roket dan 7.500 mortir.

Korea Utara memiliki 620 pesawat MIG tua buatan era Soviet dan secara umum telah usang dan tak cocok untuk pertempuran modern. Negara ini juga memiliki sekitar 490 pesawat tempur modern. Diyakini, negara ini juga memiliki armada kapal selam yang belum diketahui jumlah pastinya. Negara ini memiliki 71 unit kapal perang.

Rudal

Untuk kepemilikan rudal, Indonesia belum ada data pasti. Namun, menurut kabar terakhir, Perusahaan Rosoboronexport, pengekspor senjata Rusia pada 10 November menyatakan telah menandatangani kesepakatan penjualan rudal dari udara ke udara senilai US$ 50 juta (Rp 448 miliar) dengan Indonesia.

Untuk Korea Selatan pembangunan rudal dibatasi oleh perjanjian dengan AS. Tapi, baru-baru ini Korea Selatan telah menempatkan sejumlah rudal baru jarak jauh (jangkauan 1.500 km) yang menjangkau seluruh wilayah Korea Utara.

Korea Utara memiliki lebih dari 800 rudal balistik, dan lebih dari 1.000 rudal dengan berbagai jangkauan.

Nuklir

Indonesia belum terdapat data kepemilikan nuklir.

Korea Utara diyakini telah memproduksi sekitar 50 kg plutonium, para ahli mengatakan jumlah ini cukup untuk membuat enam sampai delapan senjata nuklir.

Korea Selatan sangat maju dalam PLTN, namun tak memiliki senjata nuklir. Meski begitu, AS menjanjikan perlindungan ‘payung nuklir’ untuk negara ini.[ito]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
23 Komentar
munthe
Selasa, 28 Februari 2012 | 12:09 WIB
wlw pun indonesia msh klh saing dgn negara2 mju, tp blom ad negara2 d dunia yg brani mngusik NKRI MACAN ASIA GETO LOCH
indra
Sabtu, 23 Juli 2011 | 12:19 WIB
coba donk polisi NKRI di beri shotgun ....... :D
@ChristianKyong
Minggu, 22 Mei 2011 | 23:38 WIB
TENANG! sobat. Kalo Indonesia perang, negara kita gak akan pernah kehabisan pasukan. karna ntar pasukan yang cidera diobatin pake BATU PONARI aja. Pasti langsung siap perang lagi. hidup PONARI!
@nd_ri
Minggu, 1 Mei 2011 | 17:22 WIB
bagusan korut,,, tpy indonesia bagy x,,, negara yg kuat d bdg pertempuran grilia!!!!!!!!!!!!MERDEKA........
niko fernando
Sabtu, 5 Februari 2011 | 12:57 WIB
kenapa sich indonesia kalah saing dengan negara 2 lain seperti:hindia pakistan korea russia amerika dan china maju lah indonesia jangan kalah saing dalam persenjataan
loody
Minggu, 9 Januari 2011 | 19:42 WIB
ya iyalah indonesia yang paling kuat,karna dari segi bnyak penduduk nya indonesia yang menang............."tetapi klau teknologi nya sich nggak jauh2 banget"
afdal
Senin, 20 Desember 2010 | 10:31 WIB
ngapaen kta hrs takut.....mereka tu kan masih...ngak papa buat indonesia pokoke indonesia is the best cuy,,,,,,,,,,was padalah.........hy engkau yg gangu indonesia
afdal
Senin, 20 Desember 2010 | 10:25 WIB
ngapaen kta hrs takut.....mereka tu kan masih...ngak papa buat indonesia pokoke indonesia is the best cuy,,,,,,,,,,was padalah.........hy engkau yg gangu indonesia
azis
Senin, 29 November 2010 | 15:08 WIB
Besar negara indonesia mungkin 18X korut & 12X korsel,, Disamping senjata & jumlahnya kalah jauh. Sebagian msh sisa perang dunia ke II, Bayangkan??!! Tp tenang Indonesia pnya Wiro sableng, Mak Lampir, Brama kumbara, Si Buta dll.
onez
Senin, 29 November 2010 | 01:22 WIB
mmhhh.. ngeri juga yaah korea..!! tapi menurut w senjata yg paling ampuh do'a.. indonesia kan banyak ustad tuh.. kita ber do'a aja rame2 biar indonesia bisa menang klo perang.. wokwowkowkow..
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER